6 Langkah Tahapan Pemberian MPASI 10 Bulan untuk Si Kecil

mpasi 10 bulan

Buyelocon – Sejak usianya sudah mulai menginjak 6 bulan, tentunya si kecil sudah mulai diberikan makanan pendamping ASI. Hal ini bertujuan untuk agar asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh sang buah hati dapat terpenuhi dengan baik. Bahkan ketika usianya sudah mulai menginjak 10 bulan pola makannya juga akan terus berkembang. Nah berikut tahapan pemberian MPASI 10 bulan.

mpasi 10 bulan

1. Tentukan Waktu Si Kecil Mengonsumsi Makanan Utama

Tahapan pemberian MPASI 10 bulan pertama yang perlu Anda perhatikan adalah menentukan waktu kapan sang buah hati mengonsumsi makanan utama, camilan dan menyusui. Selain itu pastikan Anda mempertimbangkan isyarat lapar si kecil bila Anda menentukan waktu makannya di siang hari.

Sebab ketika usia si kecil sudah menginjak 10 bulan, ia sudah harus mengonsumsi berbagai jenis makanan yang terbaik ke dalam makanan utama, camilan, dan pemberian ASI atau susu formula. Untuk itu pastikan Anda menentukan waktunya dengan tepat dan sesuai ya.

2. Beri Sarapan untuk Memenuhi Nutrisi dan Energinya

Hal penting selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan memberikan si kecil sarapan untuk dapat memenuhi nutrisi dan energinya. Sarapan ini harus Anda berikan sesaat setelah sang buah hati bangun dari tidurnya. Ada baiknya Anda mengombinasikan sereal dan buah untuk menu sarapan si kecil

Selain itu berbagai jenis makanan seperti bubur juga merupakan pilihan aman yang bisa Anda berikan untuk si kecil. Anda juga bisa memberikan camilan asalkan teksturnya lunak dan aman untuk gusi sang buah hati.

3. Beri Si Kecil Makan Siang dengan Gizi yang Lengkap

Untuk makan siangnya, pastikan Anda memberikan makan siang yang mampu mencakup semua kelompok makanan yang berbeda-beda. Sebab si kecil harus diberi makan untuk energi sepanjang hari. makanan yang Anda berikan juga harus mencakup sayur dan buah-buahan untuk mendorong kebiasaan si kecil untuk makan makanan yang sehat sejak usia dini.

4. Beri Si Kecil Makan Malam

Pemberian makan malam dengan berbagai macam olahan makanan seperti sayuran, daging, dan biji-bijian sebelum tidur juga sangat penting untuk Anda lakukan. Sebab jenis makanan ini sangat bermanfaat untuk memenuhi asupan protein yang dibutuhkan oleh si kecil. Pastikan makan malam yang Anda berikan mampu mencukupi asupan gizi sang buah hati.

5. Beri Si Kecil Camilan di Antara Waktu Makan

Memberikan camilan kepada sang buah hati di sela-sela waktu makan juga merupakan salah satu kebiasaan penting yang perlu Anda lakukan. Berbagai jenis camilan yang bisa Anda berikan kepada sang buah hati seperti biskuit bayi, buah-buahan, yoghurt, hingga keju untuk memastikan pola makan si kecil tetap seimbang.

Selain itu ASI atau susu formula juga sangat penting untuk Anda berikan di sela-sela waktu makannya. Pastikan Anda juga tidak memberikan camilan yang tidak mengandung kalori sama sekali. Mulai dari permen, aneka keripik, dan lain sebagainya. Sebab jenis makanan ini tidak mampu mencukupi kebutuhan gizi si kecil.

6. Pastikan Si Kecil Cukup Makan

Hal terpenting yang perlu Anda lakukan adalah memastikan jika sang buah hati mendapatkan asupan makanan yang cukup. Bahkan Anda juga bisa memberi si kecil makan 3 kali dan 2 camilan dalam sehari. Pada umumnya rentan waktu makan bayi biasanya berkisar antara 4 hingga 5 sekali. Sedangkan untuk camilan setiap 2 jam setelah makan.

Nah di atas merupakan tahapan pemberian MPASI 10 bulan yang perlu Anda perhatikan. Pastikan Anda memperhatikan poin-poin di atas agar kebutuhan nutrisi si kecil dapat terpenuhi dengan baik. Jangan lupa untuk selalu memberikan makanan dengan kandungan gizi yang tinggi.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *