Menjadi Guru Privat Les Anak Pertama Kali? Lakukan Ini Di Pertemuan Pertama

les gambar

Buyelocon – Menjadi seorang guru privat dituntut tanggung jawab yang besar. bahkan tidak kalah profesional dengan guru formal di sekolah. Guru privat harus bisa mengajarkan materi dengan baik. hasil lesnya juga harus ditunjukan dengan nilai akademik yang baik. guru privat harus bisa menjelaskan materi yang tidak dipahami di sekolah. Oleh karena itu banyak orang tua yang memberikan les anak privat. Buat anda yang pertama kali menjadi guru les privat anak, lakukan hal ini dipertemuan pertama anda.

les gambar

Ketahui Data Diri Calon Siswa

Sebelum datang mengajar pertama kali, anda harus tahu siapa calon siswa anda. Seperti namanya, kelasnya, jenjang pendidikan, mata pelajaran yang akan diajarkan, alamat rumah dan lainnya. anda juga bisa mengetahui siapa orang tuanya, seperti apa dia dan lainnya. semua informasi tersebut harus anda hafal. Ini akan memudahkan proses pengenalan dan pendekatan ke calon siswa anda.

Datang Tempat Waktu

Ini sangat penting harus anda lakukan. Tidak hanya untuk menjadi guru les privat, tapi juga pekerjaan lainnya. pastikan untuk datang tempat waktu. Entah itu untuk pertemuan pertama kali atau pertemuan selanjutnya. Cek lokasi rumah siswa anda, supaya tahu jalan yang harus dipenuhi. Jika kemungkinan macet, datanglah lebih jauh dari waktu yang ditentukan. Perkirakan waktu tempuh yang harus anda lewati., sehingga anda terhindar dari tersesat. Lebih baik datang lebih awal dibandingkan terlambat. Sehingga orang tua siswa juga mengetahui keseriusan atau keprofesional anda mengajar.

Berpakaian Sopan dan Bawa Perlengkapan Yang Dibutuhkan

Walaupun anda mengajar di rumah dengan suasana yang santai. Pastikan anda tetap menggunakan pakaian yang sopan. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang dibutuhkan. Misalnya anda menggambar les gambar, anda bisa membawa alat untuk menggambar. Meskipun anak menyediakan peralatan sendiri. tidak ada salahnya anda untuk membawanya juga. Sehingga tidak perlu meminjam peralatan dari siswa anda. Hal ini juga berlaku untuk materi pembelajaran lainnya.

Kenalan dan Ngobrol Dengan Orang Tua Siswa

Dihari pertama mengajar, jangan lupa untuk kenalan dan mengobrol dengan orang tua siswa. Anda bisa menanyakan berbagai hal tentang anak. Apa yang dia sukai dan tidak sukai. Ini akan membantu menentukan metode pembelajaran yang anda gunakan. Anda juga bisa menanyakan harapan atau tujuan orang tua dari kegiatan les privat tersebut. Mengobrolah dengan santai sehingga kesan kekeluargaan lebih tercipta

Selama proses pembelajaran buatlah suasana yang menyenangkan. Tanyakan pada anak, materi apa yang membuatnya kesulitan. Jangan lupa untuk memberikan apresiasi, jika anda bisa memahami materi pembelajaran. Jadilah sahabatnya bukan guru yang memberikan pelajaran formal untuknya, sehingga les anak semakin menyenangkan dan anak tidak mudah bosan. Sekian, semoga bermanfaat.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *