Krakatau Medika: Inilah Fakta Penyakit Diabetes yang Perlu Anda Ketahui

Krakatau Medika

Buyelocon РDiabetes merupakan penyakit yang berlangsung dalam waktu lama dengan kadar gula dalam darah yang tinggi yang menunjukkan menumpuknya glukosa dalam darah sebagai akibat dari tidak terserapnya dengan baik pada tubuh karena adanya gangguan pada organ tubuh manusia. Gejala diabetes yaitu kaki sakit dan mati rasa dengan kadar gula darah yang tinggi akan menyebabkan kerusakan pada saraf-saraf tubuh. Selain itu, kadar gula tinggi memicu penumpukan protein didalam lensa mata sehingga terjadinya proses katarak da pigmen yang menimbulkan bercak hitam, oleh karena itu segera kunjungi Krakatau Medika.

Krakatau Medika

Berikut adalah gaya hidup sehat untuk penderita diabetes diantaranya:

  • Karbohidrat sehat, menurut WHO karbohidrat yang direkomendasikan dalam makanan terdiri setidaknya 55% dari total asupan energi untuk individu yang sehat dan untuk penderita diabetes jumlah dibatasi sesuai arahan dokter dan ahli gizi.
  • Makanan kaya serat, serat membantu pencernaan makanan untuk mengendalikan kadar gula darah, jika kekurangan serat makanan dapat menyebabkan diabetes tipe 2 dan mempengaruhi tingkat insulin darah. Omega 3 pada ikan, minyak ikan baik untuk jantung dan bisa menjadi alternatif yang baik seperti ikan tuna yang memiliki lebih sedikit lemak, lemak jenuh dan kolesterol daripada daging, salmon, makarel dan sarden kaya lemak omega 3 meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan lemak darah.
  • Lemak baik, makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda dapat menurunkan kadar kolesterol. Hal ini mengurangi penyebab diabetes tipe 2.

Selain itu, pelajari karbohidrat dan hitung kalorinya karena porsi kunci dalam mengurangi diabetes adalah karbohidrat. Pastikan juga makanan seimbang untuk tetap mempertahankan kadar insulin dan sangat penting untuk memperhatikan jenis karbohidrat. Atur makanan dan obat-obatan yang dapat menyebabkan kadar gula darah menurun dan meningkat dan hindari beberapa minuman manis.

Berikut adalah beberapa fakta dari diabetes diantaranya:

  • Jika ditangani dengan benar diabetes tidak akan menyebabkan komplikasi berbahaya untuk tubuh.
  • Kegemukan merupakan faktor umum penyebab penyakit ini dan menyebabkan kematian lebih banyak dibandingkan kanker payudara dan AIDS. Biasanya orang dengan tubuh gemuk tidak menderita diabetes tipe 2 dan orang dengan tubuh normal justru menderita diabetes tipe 2.
  • Diabetes tipe 1 disebabkan oleh kurangnya insulin dan diabetes tipe 2 disebabkan oleh banyak faktor resiko seperti keturunan, kegemukan, usia dan lainnya.
  • Karbohidrat menjadi bagian dari pola makan sehat namun dengan porsi makan tertentu.
  • Penderita diabetes dapat memakan permen dan coklat dengan pola makan sehat dan olahraga tidak berlebihan dan pilih jumlah karbohidrat sesuai kebutuhan metabolisme tubuh.

Sebagai penderita perlu juga menghindari jus buah mengandung gula halus dan pemanis buatan khusus untuk makanan dan jika terus dikonsumsi maka dapat menyebabkan gula darah tinggi dan kebutuhan insulin menjadi lebih tinggi dan penambahan berat badan. Permen dengan bahan pemanis dan pengawet makanan dan gula kecil dalam permen tidak terasa dan jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan kadar gula dalam tubuh menjadi lebih tinggi.

Selain itu kue kering yang mengandung makanan berkalori tinggi dan terdapat tambahan lainnya dalam kue dan penyebab diabetes. Pancake yang terbuat dari tepung dan menjadi sumber makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan menyebabkan kadar gula dalam darah naik cepat. Begitu juga dengan saus yang dicocol mengandung 16 gram gula dengan karbohidrat tidak baik untuk diabetes. Konsultasi dengan Krakatau Medika dengan menggunakan aplikasi KMON sehingga akan memudahkan dalam melakukan registrasi dan janjian dengan dokter penyakit dalam.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *