Jenis-Jenis Cairan Rem Mobil Terbaik dan Terlengkap

cairan rem mobil terbaik

Buyelocon – Salah satu komponen paling penting pada mobil yaitu cairan rem. Cairan rem ini berfungsi untuk melumasi komponen rem mobil agar rem mobil dapat memberikan pengereman yang maksimal dan mobil dapat berhenti dengan responsif dan sempurna. Cairan rem mobil terbaik juga akan membuat komponen-komponen rem mobil lebih tahan panas dan tidak kering.

Jenis Cairan Rem Mobil TerbaikĀ 

cairan rem mobil terbaik

1. DOT 3

Wujud minyak rem DOT 3 akan tetap sama jika tercampur dengan air. Hal ini dikarenakan DOT 3 memiliki sifat penyerap air karena mengandung polygylcol ether. Karena kandungan yang dimiliki DOT 3, minyak rem ini mampu menyerap air dengan mudah. tipe minyak rem DOT 3 juga dapat ditemukan dengan mudah. Sayangnya penggunaan DOT 3 dapat merusak cat dan karet alami mobil bahkan dapat menimbulkan karatan pada mesin.

2. DOT 4

Jenis minyak rem mobil DOT 4 lebih direkomendasikan untuk tipe mobil lama. Dot 4 juga lebih cocok digunakan pada mobil yang memiliki sistem rem bersuhu tinggi karena cairan rem DOT 4 memiliki titik didih yang lebih tinggi dibandingkan cairan rem DOT 3. Namun DOT 4 bisa menimbulkan korosi pada sistem rem dengan cepat serta dapat merusak cat dan tidak mudah menyerap air. Untuk harga, DOT 4 lebih mahal dibandingkan DOT 3.

3. DOT 5

DOT 5 mengandung bahan silikon yang memberikan banyak keunggulan. Karena kandungan silikonnya maka DOT 5 tidak memiliki kemampuan untuk menyerap air sehingga sistem rem tidak akan lebih mudah terjadi korosi bahkan membuat sistem rem bersuhu tinggi bisa lebih stabil. Umumnya, minyak rem DOT 5 digunakan pada kendaraan-kendaraan militer yang berfungsi sebagai penyamaran saat berperang karena tidak akan merusak cat mobil.

Keunggulan dari jenis cairan rem mobil DOT 5 yaitu berbahan silikon sehingga cocok digunakan ketika dalam keadaan lembab karena tidak menyerap air dan tidak merusak cat mobil serta mesin menjadi tidak mudah korosi karena tidak adanya air. DOT 5 juga cocok digunakan pada semua jenis karet rem. Sayangnya DOT 5 tidak disarankan pada mobil dengan sistem rem ABS, daya pelumas DOT 5 juga kurang baik sehingga membutuhkan tenaga lebih besar saat mengerem.

4. DOT 5.1

Minyak rem jenis DOT 5.1 dikembangkan dari minyak rem jenis DOT 5. Perbedaan dari kedua jenis minyak rem tersebut yaitu DOT 5.1 tidak mengandung silikon melainkan mengandung bahan dasar glycol. Namun minyak rem 5.1 bisa dibilang lebih mirip dengan minyak rem DOT 4 namun tentu saja DOT 5 memiliki kualitas yang lebih tinggi.

Cairan rem mobil DOT 5.1 memiliki titik didih yang lebih tinggi baik dalam keadaaan kering maupun keadaan basah di mana titik didih DOT 5.1 dalam keadaan kering yaitu 175 derajat celcius dan pada keadaan basah yaitu 275 derajat celcius. DOT 5.1 juga cocok digunakan pada mobil apa saja karena sudah kompatibel berdasarkan berbagai formulasi rem karet.

Cairan rem mobil tidak bisa dipilih secara sembarangan dan juga harus disesuaikan dengan tipe dan spesifikasi kendaraan yang digunakan. Untuk mendapatkan cairan rem mobil terbaik dan berkualitas dengan harga yang terjangkau, anda bisa langsung mengunjungi www.autochem.com dan memilih cairan rem terbaik untuk mobil kesayangan anda. Autochem akan memberikan pelayanan yang terbaik agar kondisi mobil anda tetap sehat dan bagus setiap harinya.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *