Jenis Cairan Rem dan Fungsinya yang Wajib Anda Tahu

cairan rem dan fungsinya

Buyelocon – Cairan rem biasanya digunakan pada kendaraan roda empat atau mobil, cairan rem ini sangat penting untuk digunakan di mobil, apabila mobil tidak diberi minyak rem akan sangat membahayakan pengemudinya karena mobilnya tidak akan berfungsi dengan baik. Anda pasti tidak mau kan mempertaruhkan keselamatan Anda dan keluarga? Oleh karena itu penting sekali bagi Anda mengetahui jenis-jenis cairan rem dan fungsinya.

Cairan rem adalah komponen yang vital pada mobil, maka dari itu Anda harus tahu apa saja jenis cairan rem dan fungsinya yang ada pada mobil agar mobil bisa dirawat dengan baik. Minyak rem ini memiliki kandungan poly glycol, glycol ether, dan additive.

Berikut ini adalah jenis-jenis cairan rem dan fungsinya yang harus Anda tahu sebagai pemilik kendaraan roda empat.

cairan rem dan fungsinya

1. Dot 3

Cairan rem jenis dot 3 ini mempunyai kandungan polyglycol ether yang bersifat hygroscopik yang berfungsi menyerap air. Maksudnya yaitu jika cairan rem ini tercampur dengan air maka akan tetap berwujud sama. Minyak rem ini pastinya punya kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Untuk minyak rem dot 3 ini kelebihannya yaitu mudah sekali menyerap air, selain itu minyak rem jenis ini juga mudah sekali didapatkan. Kekurangan dari minyak rem jenis ini yaitu mudah merusak cat, merusak karet, dan menimbulkan karat.

2. Dot 4

Untuk cairan rem jenis dot 4 ini biasanya digunakan untuk mobil tipe lama. Kelebihan dari jenis cairan rem ini yaitu titik leleh dot 4 ini lebih tinggi daripada yang jenis dot 3 sehingga sangat cocok digunakan untuk mobil yang mempunyai sistem rem dengan suhu tinggi, selain itu minyak rem ini juga mudah untuk didapatkan.

Sedangkan kekurangannya yaitu tidak mudah menyerap air, cepat menimbulkan korosi pada logam yang ada di rem, harganya sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan dot 3, dan dapat merusak cat.

3. Dot 5

Untuk cairan rem dot 5 ini berbahan silikon sehingga keuntungannya yaitu tidak menyerap air dan mengurai kemungkinan penyebab korosi. Cairan rem dot 5 ini biasanya digunakan untuk kendaraan militer karena tidak akan merusak cat. Kelebihan dari cairan rem ini yaitu tidak menyerap air dan tidak merusak cat.

Sedangkan untuk kekurangannya yaitu cairan rem dot 5 ini merupakan pelumas yang kurang baik sehingga perlu tenaga lebih besar ketika ingin mengerem, dan cairan rem ini tidak cocok untuk mobil yang dilengkapi dengan ABS.

4. Dot 5.1

Minyak rem dot 5.1 ini berbahan dasar glycol dan mempunyai titik didih yang lebih tinggi pada keadaan basah maupun kering. Keunggulan dari cairan rem dot 5.1 ini yaitu kompatibel dengan formulasi karet rem dan cocok sekali untuk digunakan pada kendaraan masa kini.

Nah ulasan tersebut adalah jenis-jenis cairan rem dan fungsinya yang harus Anda tahu agar bisa merawat kendaraan yang Anda miliki dengan baik.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *