Jenis Bakteri Baik untuk Diare Anak

jenis bakteri baik

Buyelocon – Saat mengalami diare, anak-anak terutama yang masih di bawah usia lima tahun  disarankan untuk tidak mengonsumsi obat tertentu. Meskipun keadaan diarenya sudah cukup akut dan mengalami dehidrasi, anak-anak sebaiknya mengonsumsi probiotik untuk anak diare dan intoleransi laktose. Probiotik berisi bakteri baik yang dikonsumsi oral dan terdiri berbagai macam jenis.

jenis bakteri baik

Jenis Bakteri Baik Pencegah Diare

1. Lactobacillus acidophilus

Secara alami, bakteri ini ditemukan pada baagian usus dan mulut manusia. Fungsi utama bakteri baik ini adalah memecahkan makanan dan menjaga manusia dari segala macam infeksi. L. acidophilus juga bisa mengubah laktose. Sehingga bagi anak-anak yang mengalami intolerasi terhadap laktose bisa mengonsumsi probiotik yang mengandung bakteri ini.

Jika anak mengalami gangguan pencernaan akibat konsumsi antibiotik dalam obat maupun alergi susu, sebaiknya carilah probiotik mengandung L. acidophilus. Konsumsi antibiotik berisiko membunuh bakteri baik yang ada di dalam tubuhnya termasuk L. acidhopilus. Kekurangan baakteri ini dapat meningkatkan tingkat akut dari diare.

2. Lactobacillus rhamnosus

Bakteri baik ini seringkali dikonsumsi oleh anak-anak yang mengalami diare akibat alergi antibiotik. Fungsi utama sebagai pencegahan adalah mendukung sistem imun tubuh, menjaga berat badan tetap ideal, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. L. rhamnosus juga dapat mematikan patogen berbahaya yang terdapat dalam lingkungan usus.

Untuk anak-anak yang mengalami diare, mereka bisa mengonsumsi minuman berupa susu atau yogurt. Di dalam dua makanan itu terdapat L. rhamnosus yang memang ada secara alami. Saat ini, penggunaan L. rhamnosus baik dari makanan atau minuman maupun berbentuk suplemen menjadi andalan dalam pengobatan diare dan gangguan pencernaan lainnya.

3. Lactobacillus reuteri

Bakteri yang satu ini memang tak setenar Lactobacillus acidophilus dan Lactobacillus rhamnosus dalam mengatasi diare. Namun, L. reuteri sangat ampuh sebagai probiotik yaang baik untuk dikonsumsi bayi yang mengalami gangguan penceernaan. Konsumsi dalam jumlah seimbang mampu melindungi saluran cerna dari patogen.

Kandungan L. reuteri yang alami terdapat pada ASI sehingga sangat disarankan agar bayi mendapatkan ASI yang cukup. Nantinya, ASI akan berada pada usus untuk melancarkan pencernaannya. Jika kekurangan bakteri yang satu ini di dalam usunya, biasanya bayi akan mengalami sembelit atau diare.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *