Cara Ampuh Usir Gatal di Badan dengan Cepat

honestdocs

Buyelocon – Gatal pada kulit memang sangat menjengkelkan apalagi jika terjadi pada malam hari. Jika tidak segera diatasi, gatal-gatal pada kulit bisa mengganggu pola tidur Anda dimalam hari. Ada banyak cara ampuh untuk mengobati rasa gatal pada kulit, baik dengan obat-obatan ataupun cara alami.

Gatal pada kulit dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari gigitan serangga, nyamuk, atau penyakit kulit seperti eksim, psiorasis, kurap, biduran, kudis, bahkan gangguan liver.

Tak perlu khawatir, karena HonestDocs akan memberikan solusi untuk meringankan rasa gatal pada tubuh Anda. Berikut beberapa cara untuk menghilang rasa jengkel akibat gatal pada kulit :

honestdocs

1. Kompres Dingin

Menjaga area gatal tetap dingin atau sejuk dapat meredakan sensasi gatal. Cobalah untuk meletakkan kain basah atau kantong berisi es pada area gatal selama 5-10 menit. Jika area gatal hampir di seluruh tubuh, mandilah dengan air dingin agar gatal-gatal menghilang.

2. Aloe Vera Gel

Gel ini mungkin sudah sering Anda dengar. Aloe Vera, gel penyejuk yang ampuh hilangkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk atau luka bakar. Kandungan cooling menthol atau calamine-nya, dapat memberikan sensasi dingin yang mampu meredakan rasa panas pada area kulit yang gatal dan iritasi.

3. Moisturizer atau Pelembab

Eksim, kulit kering, psiorasis dapat membuat kulit menjadi gatal. Untuk itu dibutuhkan pelembab berkualitas tinggi tanpa zat pewangi untuk meredakan rasa gatal tersebut. Ada beberapa contoh pelembab dengan kualitas baik dalam menahan air pada lapisan terluar kulit, diantaranya Eucerin dan Cetaphil. Pelembab tersebut digadaikan mampu membuat kulit tetap terdehidrasi sehingga kulit tidak merasakan gatal kembali.

4. Oatmeal

Salah satu cara cepat dan mudah untuk meredakan rasa gatal adalah dengan menggunakan oatmeal. Kandungan dalam oatmeal dapat meredakan inflamasi dan iritasi pada kulit. Caranya cukup mudah, campurkan oatmeal dengan air dan aduk rata lalu oleskan pada kulit yang mengalami iritasi. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih. Anda juga bisa menggunakan sabun yang mengandung oatmeal (tipe koloid) untuk membilas tubuh.

5. Antihistamin

Histamin adalah zat kimia tubuh yang dihasilkan saat alergi terjadi. Zat ini memicu pertumbbuhan ruam, rasa gatal, kemerahan, bahkan pembengkakan. Untuk itu, dibutuhkan antihistamin agar mereda seperti difenhidramin, cetirizine, CTM, ciproheptadin (menyebabkan rasa kantuk). Jadi sebaiknya konsumsi obat tersebut sesaat sebelum tidur agar tidak menganggu aktivitas Anda. Jika Anda ingin mengkonsumi antihistamin tanpa mengantuk, gunakanlah loratadin karena kandungannya yang non sedatif tidak akan membuat kantuk.

6. Hidrokortison

Salep hidrokortison mampu menghambat respon tubuh terhadap radang dan membantu menenangkan kulit yang iritasi. Gunakanlah krim ini pada area yang gatal saja. Jika Anda memiliki kasus gatal yang luas, gunakan steroid oral (obat minum) dengan resep dokter.

7. Pramoxine

Pramoxine disebut juga krim topikal. Dikemas dalam bentuk krim dan mengandung anestesi ringan. Kandungan hidrokortison dan bahan aktif lainnya dalam pramoxine dapat menghilangkan rasa sakit dan gatal akibat gigitan serangga.

8. Jangan Menggaruk

Cara paling mudah untuk menghilangkan rasa gatal adalah dengan tidak menggaruk. Memang sulit untuk dilakukan, tetapi menggaruk dapat merusak kulit dan menyebabkan infeksi. Jika kulit terasa gatal, usahankan untuk menghindari garukan dan cobalah beberapa tips berikut :

  • Gunakan sabun, lotion, deterjen yang bebas pewangi untuk meminimalisir iritasi
  • Oleskan obat gatal dahulu sebelum pelembab
  • Kurangi stress karena hal ini akan menambah sensasi gatal yang ada
  • Kenakan baju yang nyaman, pilihlah bahan katun dan hindari bahan wol dan kasar

Jika semua cara di atas sudah Anda lakukan, namun masih terasa gatal, segeralah kunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Meski jarang mengindikasikan penyakit serius, rasa gatal bisa juga muncul akibat penyakit tertentu seperti kanker, liver, dan ginjal. Jadi segeralah temui dokter ahli jika gatal semakin parah.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *