Begini Tips Memilih Asuransi Syariah Terbaik dan Berkualitas

Asuransi Syariah Terbaik

Buyelocon – Saat ini, kebutuhan masyarakat akan asuransi semakin bertambah. Hal ini terjadi karena pola pikir masyarakat yang kian terbuka mengenai pentingnya perlindungan diri, keluarga, maupun aset. Atas alasan inilah banyak masyarakat memilih mendaftar asuransi untuk melindungi diri mereka dan keluarga, salah satunya asuransi syariah. Asuransi syariah merupakan produk asuransi yang mengedepankan asas saling melindungi dan tolong-menolong antara para pemegang polis asuransi dan berlandaskan syariat Islam. So, apakah Anda tertarik mendaftar produk asuransi syariah ini? Jika tertarik, alangkah baiknya ketahui dulu beberapa tips memilih asuransi syariah terbaik berikut ini, check it out:

Asuransi Syariah Terbaik

1. Pilih perusahaan asuransi yang terpercaya

Pastikan Anda memilih perusahaan asuransi yang terpercaya serta sudah berada di dalam pengawasan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Tujuannya agar Anda bisa terhindar dari tindak penipuan yang mungkin saja dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, penting pula bagi Anda mengetahui tentang kredibilitas dari perusahaan asuransi dengan cara menggali dan mencari banyak informasi dari internet atau orang-orang terdekat yang sudah menggunakan produk asuransi lebih dulu.

2. Pilih sesuai kebutuhan

Jika Anda sudah menentukan perusahaan asuransi manakah yang akan digunakan, maka selanjutnya Anda harus mengetahui kebutuhan Anda. Apakah Anda membutuhkan perlindungan dari semua asuransi seperti asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan atau memilih salah satunya saja.

3. Diawasi langsungĀ  oleh DPS

Dalam perusahaan syariah, biasanya terdapat Dewan Pengawas Syariah (DPS). DPS bertugas mengawasi pengelolaan dana, mengecek apakah dana sudah sesuai syariat islam, ataupun sebaliknya. Apabila perusahaan asuransi tidak mematuhi aturan maka biasanya dikenakan sanksi oleh DPS.

4. Pahami dahulu Akad asuransi syariah

Kerja sama antara nasabah dan perusahaan asuransi disebut sebagai akad. Biasanya, Akad berisi tentang perjanjian premi atau status kontribusi. Jika akad memang benar berbentuk syariah, maka dana yang disetorkan pada pihak asuransi tidak akan hangus. Oleh sebab itu, sebelum menandatangani Akad, sebaiknya pelajari dulu panduan yang tercantum di dalamnya dengan sangat teliti.

5. Perhatikan premi asuransi

Setiap perusahaan asuransi mempunyai premi atau polis yang berbeda. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih premi yang sesuai dengan kondisi keuangan agar nantinya tidak memberatkan Anda. Selain itu, pilihlah tarif premi yang wajar, kompetitif, serta hindari memilih tarif yang terlalu murah supaya Anda tetap bisa merasakan manfaatnya.

Demikianlah beberapa cara memilih asuransi syariah yang tepat. Nah, sebelum memilih asuransi satu ini, maka Anda harus berpikir secara matang agar kebutuhan tetap terpenuhi namun juga tidak memberatkan finansial Anda. Semoga bermanfaat!

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *