Agar Pakaian Baru Tak Kaku

pewangi pakaian terbaik

Buyelocon РKetika membeli baju baru biasanya  memiliki bau khas dan juga kainnya masih kaku meskipun sudah dicuci. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat pakaian baru tidak kaku lagi :

pewangi pakaian terbaik

1. Pelembut Pakaian

Cara pertama untuk melemaskan kain yang kaku adalah dengan menggunakan pelembut pakaian. Anda bisa menambahkan pelembut pakaian ketika mencuci kain dengan soda kue. Atau, kalau Anda mau mencuci pakaian menggunakan pelembut saja tanpa soda kue juga tidak apa-apa. Umumnya pelembut pakaian juga merupakan pewangi pakaian sehingga tak hanya membuat lembut juga membuat wangi. Pewangi pakaian terbaik yang bisa digunakan adalah pewangi royale soklin yang wanginya segar dan mewah serta tahan lama.

2. Garam Dapur

Benda selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan dalam melemaskan kain kaku adalah garam dapur. Siapa sangka, garam yang pasti ada di dapur kita ini bisa berguna untuk hal lain di luar memasak?

Cara menggunakannya, siapkan ember atau baskom untuk merendam kain. Isi ember dengan air dingin, lalu masukkan dua genggam garam dapur. Masukkan kain kaku, dan rendam selama satu malam. Besoknya, cuci dan keringkan kain seperti biasa.

3. Garam Inggris (Garam Mandi)

Masih saudara dengan garam dapur, Anda bisa juga menggunakan garam Inggris. Apa itu garam Inggris? Yaitu garam yang bentuknya kristal (lebih besar dan kasar daripada garam dapur). Atau, singkatnya, garam Inggris adalah garam mandi yang suka ditambahkan ke dalam bathtub.

Sama seperti cara melemaskan kain kaku menggunakan garam dapur, siapkan ember/baskom berisi air dingin. Lalu, tambahkan 50g garam mandi. Aduk hingga garam larut. Masukkan kain yang kaku, aduk-aduk di dalam air selama sekitar 2 menit saja. Setelah itu, biarkan kain direndam selama satu malam. Besok paginya baru cuci kain seperti biasa.

4. Boraks

Boraks identik dengan hal negatif karena bakso, tahu, mie, dan banyak makanan lainnya yang ditambahkan boraks. Sebenarnya, boraks itu dipakai untuk keperluan tekstil, pembersihan, dan pengawetan (bukan makanan). Makanya, jika Anda mau menggunakan boraks untuk melemaskan kain yang kaku, ya, aman-aman saja.

Caranya, siapkan ember/baskom, isi air dingin. Tambahkan enam sendok boraks, lalu aduk hingga boraks larut. Masukkan kain yang kaku, aduk-aduk dalam gerakan memutar di dalam ember. Rendam kain semalaman. Keesokan harinya, cuci kain lalu keringkan.

5. Setrika

Mungkin Anda tidak menyadarinya, tapi dengan menyetrika, pakaian Anda akan jadi lebih lemas, loh. Dengan disetrika, serat kain akan sedikit melebar dan lapisan luar kain jadi lebih lembut. Apalagi jika Anda menyetrika kainnya menggunakan semprotan pelembut pakaian. Pastikan Anda telah melalui proses pencucian kain sebelum menyetrikanya, ya!

6. Dikepang/Dianyam

Saat Anda sedang iseng, sambil menonton tv, atau sambil mendengarkan lagu, pelintir-pelintir lah kain yang kaku dan bentuk jadi kepangan/anyaman/gulungan. Kain yang di-uyel-uyel seperti ini akan lebih cepat lemas daripada kain yang dibiarkan saja.

7. Dibulatkan

Selain langkah di atas, Anda bisa membulatkan kain menjadi bola atau mirip donat yang ada lubang di tengahnya. Caranya, Anda tinggal memelintir kain, lalu gulung jadi lingkaran. Selipkan ujung kain ke dalam sela-sela kain lainnya. Diamkan kain selama beberapa jam atau boleh seharian, nanti kain yang kaku pun jadi tidak akan terlalu kaku lagi.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *