9 Manfaat Konsumsi Olahan Coklat Bagi Kesehatan

Buyelocon – Suka konsumsi kue coklat dan olahan coklat lainnya? Berbagai kandungan ada di dalam coklat dan bisa meningkatkan mood Anda. Coklat berasal dari pohon kakao yang kaya flavanols, jenis fitokimia flavonoid. Berikut manfaat konsumsi olahan coklat yang perlu Anda tahu.

1. Dapat Meningkatkan Produksi Insulin

Menurut penelitian yang dilakukan di Italia terhadap 15 orang yang mengonsumsi 3 ons bubuk coklat murni hitam atau putih, coklat itu tidak mengandung phytochemical flavonoid dan dikonsumsi selama 15 hari. Hasilnya, resistensi insulin menurun secara signifikan. Anda bisa konsumsi olahan coklat seperti coklat kemasan, kue coklat, atau coklat hangat.

2. Dapat Memperbaiki Aliran Darah

Selain untuk menekan insulin, coklat bisa memperbaiki aliran darah. Coklat yang dikonsumsi sebaiknya coklat hitam. Zat flavonoid dalam coklat berfungsi sebagai antioksidan alami. Antioksidan ini sama dengan antioksidan pada anggur.

3. Dapat Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Penelitian John Hopkins University School of Medicine, dihasilkan coklat murni dapat mengurangi risiko serangan jantung hingga 50%. Orang yang sering mengonsumsi coklat juga akan mengalami pembekuan trombosit yang lebih lambat. Sehingga aliran darah lebih lancar sehingga bisa jauh dari serangan jantung.

4. Dapat Menurunkan Berat Badan

Kebanyakan orang memiliki ketakutan tersendiri untuk mengonsumsi coklat saat diet. Anda mungkin lebih suka konsumsi buah sebagai pendamping diet. Hasil penelitian di University of Copenhagen menunjukkan coklat hitam memberikan perasaan kenyang lebih cepat seperti apel sehingga coklat cukup efektif dalam membantu menurunkan berat badan.

5. Meningkatkan Kekuatan Otak

Tidak hanya bisa mengurangi stres, coklat hitam ternyata mampu meningkatkan kekuatan otak. Penelitian di University of Nottingham menemukan bahwa orang yang minum coklat bisa memperlancar aliran darah pada saraf otak selama hingga tiga jam. Dengan demikian, kemampuan dan kinerja otak dalam jangka pendek menjadi meningkat.

6. Dapat Mengatasi Penyakit Diare

Penyakit diare sering disembuhkan dengan jambu biji. Perlu Anda tahu, pada abad ke-16 di Amerika Selatan masyarakat menyembuhkan diare dengan kokoa. Hal ini juga sudah diperkuat dengan adanya penelitian para ilmuwan di Rumah Sakit Nak Oakland Research Institute.

Mereka menemukan di dalam coklat terdapat kandungan flavonoid mampu mengikat protein yang mengatur sekresi cairan dalam usus kecil sehingga bisa menghentikan diare. Jadi, Anda bisa menggunakan coklat untuk anak Anda yang menderita diare.

7. Dapat Menurunkan Kolesterol

Manfaat berikutnya dari mengonsumsi coklat yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol LDL atau lemak jahat. Namun, kakao dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL yang merupakan lemak baik dalam tubuh.

8. Memperbaiki Otot Lebih Cepat

Anda pernah dengar kalau coklat mampu memperbaiki otot lebih cepat? Setelah olahraga, minum atau makanlah coklat karena bisa memulihkan tubuh lebih cepat, khususnya pada bagian otot. Hal ini juga didukung adanya studi di University of Texas di Austin yang menemukan beberapa atlet yang minum coklat rendah lemak usai latihan. Mereka bisa lebih fit lebih cepat.

9. Membuat Kulit Lebih Sehat

Siapa sangka coklat memiliki manfaat untuk kulit? Mungkin banyak orang berpikir coklat hanya bisa membuat gendut. Padahal coklat ini bisa membantu melindungi dari sinar UV yang berbahaya. Hal ini juga sudah dibuktikan dalam penelitian oleh para ahli. Coklat yang bagus dikonsumsi yaitu coklat rendah gula.

Tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi kue coklat, minum coklat hangat, atau ngemil coklat. Olahan coklat yang enak dan unik bisa dipesan di Colletelola. Asalkan coklat yang Anda konsumsi yaitu coklat rendah gula. Hal ini juga membuka wawasan bahwa coklat tidak hanya sebagai toping. Tetapi coklat punya manfaat yang baik bagi tubuh.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *