8 Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Perawatan Wajah

perawatan wajah

Buyelocon – Anda mungkin sering mengeluh meski sudah melakukan perawatan wajah, tapi masih ada saja masalah kulit. Hal ini dikarenakan banyak wanita, termasuk Anda belum mengetahui beberapa kesalahan yang membuat perawatan Anda tidak maksimal. Sebaiknya jangan melakukan hal berikut agar perawatan yang dilakukan tidak sia-sia.

perawatan wajah

 1. Tidur Tidak Menghapus Makeup

Membersihkan makeup sebelum tidur sangat penting untuk kesehatan kulit wajah. Setelah sehari penuh menggunakan makeup, Anda harus menghapusnya. Pori-pori kulit yang tersumbat makeup tidak bisa bernapas. Apalagi tidur adalah waktu kulit beregenerasi sehingga kulit harus dalam keadaan bersih. Hal ini biasanya juga memicu timbulnya jerawat di kulit.

2. Eksfoliasi yang Berlebihan

Melakukan eksfoliasi memang berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Namun jika Anda melakukannya secara berlebihan justru akan membuat kulit semakin kering. Lakukan eksfoliasi cukup seminggu sekali dan gunakan produk yang mengandung scrub lembut agar tidak melukai jaringan kulit Anda.

3. Tidak Mencuci Wajah Setelah Olahraga

Olahraga memicu keringat keluar dan semua kotoran ikut keluar. Sehingga Anda harus mencuci wajah setelah melakukan olahraga. Jika tidak, maka kotoran tersebut akan kembali mengendap di kulit dan menyebabkan masalah kulit lainnya seperti beruntusan, jerawat, dan kusam. Sebaiknya Anda mencuci wajah setelah berolahraga dan segera gunakan cream SPF dan pelembap.

4. Pemilihan Produk yang Salah

Produk juga sangat penting dalam perawatan wajah. Anda harus memastikan produk tersebut aman dan cocok untuk tipe kulit Anda. Jika kulit sensitif, maka sebaiknya pilih produk khusus untuk kulit sensitif begitupun untuk kulit berjerawat maupun kering. Pertama, Anda harus kenali dulu tipe kulit Anda dan selanjutnya kenali jenis skincare yang akan digunakan setiap hari.

5. Hanya Menggunakan Tisu untuk Membersihkan Wajah

Tisu wajah memang berguna untuk membasuh wajah, tapi bukan berarti membuat wajah Anda bersih. Dalam hal membersihkan wajah Anda harus tidak boleh sembarangan. Sebaiknya lakukan double cleansing untuk memastikan kulit Anda benar-benar bersih. Caranya bisa dengan susu pembersih kemudian baru mencuci wajah dengan sabun muka (facial wash).

6. Tidak Mencuci Tangan

Tanpa Anda sadari, tangan Anda merupakan anggota badan yang sering digunakan untuk menyentuh banyak hal sehingga sangat penting untuk mencuci tangan sebelum memegang bagian wajah. Hal ini dikarenakan kuman dan kotoran dari tangan dapat transfer ke wajah sehingga membuat masalah di kulit wajah seperti jerawat dan sebagainya.

7. Menggosok Muka dengan Handuk

Kulit wajah tidak sama dengan kulit pada anggota tubuh lainnya. Biasanya kulit wajah lebih sensitif dan harus diperlakukan lebih halus. Anda tidak boleh menggosok terlalu keras menggunakan handuk. Hal ini bisa menyebabkan permukaan kulit tertarik dan membuatnya semakin kering. Anda bisa menepuk-nepuk atau tap-tap tanpa harus menggosok terlalu keras.

8. Salah Mencampurkan Produk

Biasanya para wanita ingin memperoleh hasil yang maksimal dari suatu produk. Dikarenakan setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangan, hal ini membuat Anda ingin mencampurkan antara dua hingga produk yang berbeda. Pencampuran produk ini memang sah-sah saja asal mengerti kalau produk tersebut memang cocok di kulit Anda. Jika tidak maka kulit bisa bereaksi.

Perawatan wajah memang sangat penting. Oleh karenanya Anda harus melakukannya dengan benar agar tidak membuat kondisi kulit wajah semakin memburuk. Beberapa kesalahan di atas sebaiknya Anda hindari agar tidak membuat perawatan menjadi tak berguna. Gunakan perawatan yng tepat, Anda juga bisa menggunakan  skincare apa pun untuk tambahan seperti Kiehl’s.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *