6 Tips Memilih dan Membeli Kabel Data untuk Charging Smartphone

kabel data

Buyelocon – Kabel data seringkali dimanfaatkan untuk mengisi daya baterai smartphone atau untuk mentransfer file dari smartphone ke PC atau laptop. Mengingat smartphone ini kamu gunakan setiap hari, itu artinya kamu juga membutuhkan kabel data untuk memudahkan pengisian daya baterai. Bahkan tidak jarang kamu harus melakukan charging baterai lebih dari satu kali dalam sehari.

Frekuensi pemakaian yang cukup sering ini memungkinkan kabel data untuk charger mudah rusak. Terlebih jika kabel yang digunakan bukan yang original dimana umur kabel pun bisa semakin singkat. Itu artinya kamu harus segera membeli yang baru.

kabel data

Memilih Kabel Data

Agar kabel yang baru nantinya tidak mudah rusak, ada baiknya kamu memperhatikan tips-tips memilih kabel data berikut ini.

1. Sesuaikan dengan merk HP

Salah satu penyebab kabel data mudah rusak adalah tidak sebandingnya antara arus output dan input dengan kepala charger. Kondisi seperti ini biasanya ditemukan pada kabel data yang merk-nya tidak sama dengan smartphone yang digunakan. Oleh karena itu usahakan untuk memilih kabel data yang merk-nya sama dengan merk HP.

2. Cek spesifikasi

Kabel data untuk charger yang kualitasnya bagus umumnya dilengkapi dengan keterangan spesifikasi dalam kemasannya. Jadi jangan lupa cek keterangan yang tercantum pada kemasan kabel. Cek juga kuat tidaknya arus yang dihantarkan. Apabila kepala charger mempunyai outpu 2.4A, itu artinya kamu harus memilih kabel yang minimal mempunyai output 2.4A.

3. Harga yang logis

Memang tidak mudah mendapatkan kabel data yang original, alternatifnya pilihlah kabel data yang lain namun jangan lupa memastikan kualitasnya. Selain melihat tampilan, kamu juga harus paham perihal harga. Kabel yang kualitasnya bagus tentu memiliki performa yang jauh lebih baik dan harganya mahal dibandingkan dengan kabel yang harganya murah.

4. Pilih yang bahannya bagus

Tidak semua kabel data memiliki kualitas yang bagus, kendati demikian kamu tetap bisa mendapatkan yang kualitasnya baagus jika lebih cermat dalam memilih. Salah satunya adalah melihat bahan pembungkus kabel itu sendiri. Jika pembungkus kabel tersebut bagus, maka kabel tidak akan mudah robek maupun rusak. Umumnya kabel ini dibungkus dengan bahan fiber kevlar, karet pvc, nilon dan kulit sintetis.

5. Bergaransi

Mungkin ada yang sedikit kurang peduli tentang garansi kabel data ini. Bentuknya yang kecil seringkali dianggap remeh. Padahal keberadaan kabel ini sangat dibutuhkan. Oleh karena itu mulailah peduli dengan poin ini. Pilihlah kabel data yang dijual dengan menyertakan garansi di dalamnya. Apa lagi jika kabel yang kamu beli harganya mahal. Setidaknya kalau pun ada kerusakan kabel masih bisa diservis atau malah diganti.

6. Pilih sesuai kebutuhan

Ini berkaitan dengan ukuran panjang kabel data. Apabila sumber listrik atau colokan agak jauh dari posisi kamu, pilihlah kabel data yang lebih panjang. Hanya saja semakin panjang kabel data, maka proses pengisian daya pun akan lebih lama. Jadi tetap disesuaikan saja dengan kebutuhan ya! Jika memungkinkan, sebaiknya memilih yang berukuran sedang saja.

Demikianlah 6 tips yang perlu kamu perhatikan ketika memilih kabel data untuk charging smartphone. Mengingat kabel data ini akan kamu gunakan setiap hari, usahakan untuk memilihnya dengan teliti. Jangan sampai salah memilih yang kualitasnya abal-abal agar kabel data tidak mudah rusak. Lebih dari itu kabel data yang kualitasnya rendah juga dapat mempengaruhi kinerja smartphone.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *