5 Penyebab Embusan Angin dari AC Kurang Kencang

Buyelocon – Salah satu penyebab kenapa Anda jadi sering memanggil jasa service AC ke rumah adalah untuk memperbaiki AC yang embusan anginnya kurang kencang. AC yang anginnya kurang kencang atau bahkan sangat pelan justru akan sangat mengganggu, kan? Tapi, sebenarnya apa penyebab embusan angin dari AC kurang kencang atau malah sangat pelan itu?

1. Pengaturan Speed Kipas Fan yang Terlalu Rendah

Salah satu penyebab embusan angin AC tak kencang adalah salah pengaturan speed kipas fan. Meletakkan posisi pengaturan speed kipas fan pada posisi terendah hanya akan menyebabkan embusan angin yang keluar sangat pelan dan AC akan terasa kurang dingin. Oleh karena itu, sebelum memanggil teknisi AC, baiknya Anda memeriksanya terlebih dulu.

Cobalah cari info pengaturan remote AC dengan benar agar Anda bisa mengatur speed kipas fan dengan benar pula. Jika ternyata pengaturannya sudah benar dan embusan angin AC masih tetap pelan, maka barulah Anda boleh memanggil jasa servis AC.

2. Evaporator pada Indoor Unit yang Kotor

Masalah lain penyebab AC Anda memiliki embusan angin yang tak kencang adalah evaporatornya yang sudah berdebu atau berlendir. Evaporator yang kotor seperti ini akan menggangu perputaran kipas fan pada AC Anda. Bila sudah begini, tentunya embusan angin yang dikeluarkan akan pelan dan makin pelan dalam waktu lama.

Untuk mengatasi masalah evaporator AC yang kotor dan berlendir ini, satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah memanggil jasa service AC untuk memperbaikinya. Anda harus melalukan servis besar-besaran agar AC bisa kembali berfungsi seperti sedia kala.

3. Baling-Baling Kipas yang Kotor

Selain itu, masalah embusan angin AC yang tak kencang juga bisa disebabkan oelh baling-baling kipas yang kotor. Baling-baling kipas yang penuh dengan kotoran dan debu akan membuat berat dinamo kipas saat berputar. Itu artinya, embusan angin yang dihasilkan akan turut pelan dan tak kencang.

Itulah sebenarnya alasan kenapa Anda harus sering-sering menyervis AC. Baiknya, lakukanlah servis minimal 3 bulan sekali untuk menjaga kebersihan AC Anda. Baling-baling kipas akan tetap bersih dengan servis teratur dan Anda juga bisa mendapatkan suhu ruangan ideal seperti yang diinginkan dan tentunya tetap sehat.

4. Kapasitor Fan Lemah

Kapasitor fan pada AC biasanya terletak menempel pada PCB modul AC tersebut. Fungsi dari kapasitor fan ini sendiri adalah untuk menyimpan arus listrik sementara guna untuk menggerakkan motor dinamo AC. Meski kapasitor ini tidak banyak orang yang tahu, namun fungsinya sangat penting untuk AC.

Bila alat ini memiliki kinerja yang sudah melemah dan tak normal, tentunya tenaga yang akan dihasilkan dinamo untuk memutar baling-baling kipas juga tak bisa maksimal. Bagaimana solusinya? Panggil tukang servis AC dan ganti kapasitor tersebut.

5. Motor Dinamo Lemah

Alasan lainnya adalah karena motor dinamo AC tersebut lemah. Motor dinamo sendiri adalah tempat angin yang keluar dari indoor unit untuk menyebarkan hawa dingin di seluruh ruangan. Kalau alat ini kinerjanya tidak normal, tentunya embusan angin akan terasa kurang ketika AC dinyalakan. Mengatasinya pun Anda harus panggil tukang servis AC.

Sudah tahu kan kenapa embusan angin pada AC Anda jadi melemah? Untuk mengatasinya, Anda bisa memanggil jasa service AC terbaik seperti di sejasa.com. Temukan tukang servis AC terbaik di sini untuk memperbaiki kinerja AC Anda. Sejasa, menyediakan layanan yang luas dan pastinya akan sangat bermanfaat membantu masalah Anda!

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *