4 Makanan Sehat Yang Dibutuhkan Oleh Ibu Hamil

ibu hamil

Buyelocon – Saat sedang hamil seorang wanita memang membutuhkan makanan yang memiliki nutrisi yang tinggi. Karena ibu hamil harus memenuhi kebutuhan nutrisinya sendiri dan juga kebutuhan nutrisi si bayi. Pada artikel kali ini kami akan merekomendasikan beberapa makanan yang mudah ditemukan yang tinggi akan nutrisi yang sangat cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, yuk di cek!

ibu hamil

1. Salmon

Salmon memang sangat terkenal dengan makanan yang sangat sehat, ikan yang satu ini mengandung asam lemak omega-3 esensial yang tinggi. Kebanyakan orang termasuk ibu hamil tidak mendapatkan omega-3 yang sesuai dengan kebutuhan. Asam lemak omega 3 sangatlah penting pada saat masa kehamilan, terutama asam lemak omega 3 dengan rantai panjang yaitu DHA dan EPA. Omega 3 rantai panjang ini sering ditemukan dalam jumlah yang sangat tinggi di makanan-makanan yang berasal dari laut, omega 3 ini  membantu perkembangan dan pertumbuhan otak dan mata calon bayi. Namun, ibu hamil sebenarnya lebih disarankan untuk membatasi asupan makanan yang berasal dari laut, seperti kerang, udang, ikan, kepiting lomster dan yang lainnya, biasanya maksimal konsumsi mereka terhadap makanan laut yaitu hingga dua kali seminggu, karena ditakutkan makanan laut mengandung merkuri dan kontaminan lainyang dapat berakibat burik pada tubuh dan janin, karena hal itu banyak ibu hamil yang tidak berani mengkonsumsi makanan-makanan yang berasal dari laut oleh karena itu asupan omega 3 ini menjadi lebih sedikit. Menurut salah satu penelitian ibu hamil yang makan 2–3 kali makan ikan salmon dalam seminggu mencapai asupan omega-3 yang mencukupi kebutuhan dan juga meningkatkan kadar EPA dan DHA dalam darahnya. Terlebih lagi,ikan salmon juga merupakan sumber vitamin D yang sering tidak ada atau hanya sedikit makanan yang mengandung vitamin D ini. Vitamin D ini sangat penting untuk merawat kesehatan tulang dan juga kekebalan tubuh.

2. Telur

Telur adalah salah satu makanan yang sangat terkenal akan kandungan proteinnya yang tinggi, bukan hanya itu telur juga merupakan makanan yang sudah sangat dipercaya “sehat”. Di dalam telur  mengandung hampir setiap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terutama tubuh ibu hamil. 1 butir telur mengandung 77 kalori, protein dan juga lemak yang berkualitas tinggi. Di dalam telur juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Telur juga merupakan sumber kolin yang baik. Senyawa kolin ini sangat penting untuk banyak proses di dalam tubuh kalian, terutama pada perkembangan otak dan kesehatan ibu dan bayi. Sebuah survei menunjukkan bahwa lebih dari 90% orang tidak memiliki asupan kolin yang seharusnya dibutuhkan oleh tubuh. Asupan kolin yang tidak memadai pada saat masa kehamilan dapat meningkatkan terjadinya cacat tabung saraf dan juga bisa menyebabkan terjadinya penurunan fungsi otak pada calon bayi. Satu telur utuh mengandung sekitar 113 mg kolin, yang merupakan sekitar 25% dari RDI untuk wanita hamil.

3. Brokoli dan sayuran berwarna hijau

Brokoli dan sayuran berwarna hijau seperti bayam dan kangkung sudah sangat terkenal diperkaya dengan nutiri yang banyak, nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Nutrisi yang terkandung termasuk vitamin C, serat, vitamin A, vitamin K, zat besi, folat , kalsium dan kalium. Bukan hanya itu saja, brokoli dan sayuran hijau ini juga diperkaya dengan antioksidan. Tanaman ini juga mengandung senyawa yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dan juga pencernaan. Karena sayuran ini mengandung banyak serat sayuran brokoli dan sayuran yang berwarna hijau ini juga bisa membantu mencegah terjadinya sembelit, yang merupakan masalah yang sering di alami oleh banyak ibu hamil.

4. Daging tanpa lemak

Daging sapi, dan ayam adalah makanan hewani yang memiliki protein dengan kualitas tinggi. Selain itu, daging sapi dan ayam juga diperkaya dengan zat besi, vitamin B dan juga kolin. Masih banyak senyawa lainnya yang semuanya ini dibutuhkan dalam jumlah yang lebih tinggi selama kehamilan. Zat besi adalah mineral yang sangat penting yang digunakan oleh sel darah merah sebagai bagian dari hemoglobin yang berperan sangat Penting mengantarkan oksigen ke seluruh sel yang berada dalam tubuh kita.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *