4 Fakta Pemberian Susu Formula untuk Bayi

susu formula untuk bayi

Buyelocon – ASI sebaiknya diberikan kepada bayi selama 6 bulan. Hal ini dikarenakan ASI mengandung nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Namun, ada beberapa kondisi dimana ibu tidak dapat memberikan Asi. Hal ini membuat para ibu terpaksa memberikan susu formula kepada bayi. Banyak ibu yang khawatir kesehatan bayi akan terganggu jika memberikan susu formula. Sebenarnya memberikan susu formula dapat dilakukan jika memang kondisi ibu tidak dapat memberikan Asi secara eksklusif.

Sebaiknya memberikan susu formula untuk bayi yang mengandung nutrisi yang lengkap. Morinaga BMT merupakan susu formula yang tepat diberikan untuk anak usia 0-6 bulan. Morinaga BMT mengandung nutrisi yang lengkap, untuk menciptakan kecerdasan multitalenta dan meningkatkan kekebalan tubuh anak.

Jika Anda masih khawatir memberikan susu formula pada bayi, berikut beberapa fakta tentang pemberian susu formula pada bayi yang perlu diketahui, antara lain:

susu formula untuk bayi

1. Pemberian susu formula seringkali membuat ibu merasa bersalah

Susu formula diberikan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bayi. Pemberian susu formula sering kali membuat ibu khawatir kesehatan bayi akan terganggu. Hal ini justru menyebabkan ibu menjadi stres dan ASI yang keluar menjadi lebih sedikit. Sebenarnya susu formula dapat diberikan kepada bayi, jika memang ibu tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi melalui pemberian ASI.

2. Syarat memberikan susu formula kepada bayi

Kondisi sistem pencernaan bayi yang belum sempurna, menyebabkan bayi tidak dapat menyerap nutrisi makanan dengan baik. Hal inilah yang menyebabkan pemberian susu formula yang tidak tepat akan menyebabkan masalah kesehatan, seperti diare, sembelit, dan perut kembung. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum memberikan susu formula untuk bayi.

3. Takaran susu formula yang tepat untuk bayi

Ketidakcocokan susu formula yang diberikan kepada bayi bisa disebabkan karena ibu tidak memperhatikan kebersihan dan takaran susu formula. Susu formula yang tidak disimpan dengan baik, akan menyebabkan bakteri mudah masuk ke dalamnya. Hal inilah yang menyebabkan bayi mudah terkena masalah kesehatan seperti diare dan sembelit. Selain itu, pemberian susu yang tidak sesuai takaran juga dapat menyebabkan masalah kesehatan. Pemberian susu dengan takaran yang sedikit akan menyebabkan anak kurang gizi, sedangkan memberikan takaran yang lebih banyak akan menyebabkan anak terkena obesitas.

Agar tidak salah memberikan takaran susu formula, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti meperhatikan bobot bayi sebelum memberikan takaran, tidak memberikan susu formula sekaligus dalam sehari, memberikan takaran sesuai usia bayi, tidak memberikan susu formula lebih dari 1 liter, serta melakukan observasi kebiasaan meminum susu formula.

4. Nutrisi Susu formula 

Nutrisi yang dikandung susu formula memang tidak selengkap ASI. Selain mengandung protein, vitamin E, zat besi, dan kalsium, ASI juga mengandung bakteri baik yang membantu meningkatkan sistem imunitas bayi. Di dalam usus bayi, terdapat bakteri baik yang membantu melawan bakteri jahat dan meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Bakteri baik ini didapatkan bayi melalui proses menyusui secara langsung. Hal inilah yang menyebabkan kandungan susu formula tidak selengkap ASI. Meski demikian, orang tua terkadang perlu untuk memberikannya karena mungkin ASI tidak lancar.

Salah satu susu formula untuk bayi usia 0-6 bulan yang paling tepat adalah Morinaga BMT. Susu ini mengandung nutrisi lengkap yang mampu mendukung kecerdasan multitalenta. Selain itu, susu ini juga mengandung nutrisi yang mendukung sistem kekebalan tubuh ganda, sehingga bayi akan terhindar dari penyakit. Meskipun nutrisi yang terkandung dalam susu formula tidak sebaik ASI, tetapi memberikan susu formula dapat dijadikan alternatif jika Ibu tidak dapat memberikan susu secara eksklusif.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *