Tips Parenting Hebat! 7 Kalimat Ini Bisa Redakan Amarah Anak

Buyelocon – Ketika anak Anda sedang tantrum dan rewel pasti Anda akan melakukan berbagai cara untuk meredakan amarahnya. Jangan sampai amarah anak membuat Anda menjadi ikut emosi. Yuk, biasakan untuk mengatakan 7 kalimat di bawah ini untuk meredakan amarah anak Anda. Siapa tahu, tips parenting hebat yang satu ini bisa menjadi penenang bagi anak Anda.

1. Ketika Anak Melempar Barang

Anak seringkali melempar-lempar barang atau mainannya sendiri. Anda ingin menghentikan tindakannya, hindari kalimat yang membentaknya seperti “Jangan lempar-lempar barang!” Tapi Anda bisa katakan “Kayaknya adik tidak suka mainan ini ya, makanya dilempar-lempar terus,” sambil menyingkirkan barang tersebut dari jangkauannya.

2. Ketika Anak Rewel

Tips parenting selanjutnya untuk mengatasi anak Anda yang rewel Anda bisa mengatakan “Adik kan sudah besar, maka dari itu tidak boleh rewel ya. Anak baik tidak boleh menangis.” Daripada harus mengatakan “Adik sudah besar! Tidak boleh nangis!” Berikan ungkapan yang baik dan lembut dalam mengatakan setiap hal agar ia merasa nyaman.

3. Ketika Anak Memukul

Si kecil pasti pernah memukul ketika ia sedang marah atau menangis. Coba katakan “Ibu tahu adik sedang marah, tapi jangan memukul ya. Menyakiti orang lain itu adalah perilaku yang salah.” Daripada harus mengatakan “Jangan pukul, ya! Nanti ibu marah!” Berikan pengertian dan penjelasan dengan lembut agar anak bisa patuh pada perintah Anda.

4. Ketika Anak Menghadapi Masalah

Ketika Anda menghadapi masalah dengan si kecil, ada baiknya Anda tanyakan secara baik-baik. Coba katakan “Masalah ini susah ya, dik? Ayo kita selesaikan bersama-sama.” Daripada harus mengatakan “Masa kamu tidak mengerti, sih?” Anda harus mengerti bahwa kemampuan berpikir si kecil tidak sama dengan Anda.

5. Ketika Ingin Mengajak Pulang Anak

Jika Anda merasa anak Anda merepotkan ketika berada di luar rumah, Anda bisa mengajaknya pulang ke rumah secara halus dan lembut. Caranya dengan mengatakan “Kamu sudah lelah kelihatannya, kita istirahat di rumah yuk!” Hindari ajakan yang membentak seperti “Sudah! Kita pulang saja kalau kamu rewel terus!”

6. Ketika Anak Sulit Tidur

Jika Anda ingin memerintahkan anak Anda yang sulit tidur, coba untuk ajak ia secara perlahan dengan mengatakan “Yuk, Ibu temani tidur. Ibu bacakan cerita sampai adik mengantuk, ya!” Bukan malah mengatakan “Ayo tidur! Masuk ke kamar sekarang juga!” Kalimat ini tentu akan membuat anak takut dan malah sulit untuk tidur.

7. Ketika Anak Membuat Ulah

Jika Anda merasa kesal karena anak Anda membuat ulah, maka hadapi dengan tenang dan sabar. Jangan keluarkan kalimat “Kamu ini bikin malu saja!” tapi coba ungkapkan dengan kalimat “Jangan seperti itu ya, nak. Tidak baik. Jangan ulangi lagi, ya.” Kalimat seperti ini tentu dapat lebih diterima oleh anak.

Itu dia, 7 kalimat hebat yang bisa menghipnotis anak Anda sehingga reda amarahnya. 7 kalimat di atas bisa Anda terapkan di kehidupan sehari-hari. Jangan lupa untuk selalu baca tips parenting hebat lainnya untuk menjadi orang tua yang baik, ya!

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *