Tips Menjaga Perkembangan Bayi 7 Bulan Pertama

perkembangan bayi 7 bulan

Buyelocon РKetika memasuki perkembangan  bayi 7 bulan pertama, Anda akan merasakan tingkah laku bayi yang lebih aktif. Tidak peru khawatir karena hal itu wajar terjadi, walaupun tak selalu bayi melakukan hal yang sama. Tetapi pada umumnya bayi 7 bulan mulai memasuki fase yang aktif. Tugas Anda adalah untuk menjaga perkembangannya. Berikut adalah tips menjaga perkembangan bayi.

perkembangan bayi 7 bulan

  1. Keterampilan Motorik Bayi

Ketika bayi memasuki usia perkembangan 7 bulan. Bayi Anda akan mempelajari untuk memperoleh berita di sekelilingnya terutama di rumah maupun arena bermain. Walaupun tidak semua perkembangan bayi 7 bulan seperti ini.

Bayi Anda akan sekali-kali merangkak, berguling maupun bergeser dari tempat satu ke tempat lain. Anda perlu mendukung mobilitas bayi Anda dengan menempatkan mainannya jauh dari jangkauannya. Hal ini membuat bayi Anda berupaya mendapatkan mainannya.  Berikan mainan yang mendukung untuk mobilitas anak Anda.

Pada perkembangan bayi pada usia 7 bulan ini, bayi mulai memiliki mobilitas tinggi. Anda dapat perhatikan mulai dari cara bayi Anda mencoba duduk tanpa bantuan Anda, kemudian membawa mainannya sendiri yang dia sukai. Anda akan sangat senang bermain bersama bayi Anda untuk melatih mobilitasnya.

  1. Mulai Sejak Tumbuh Gigi

Kurang lebih pada usia ini Anda akan mlihat pertama kali bayi Anda memiliki gigi. Akan tumbuh tunas gigi mungil dari gusi, Anda dapat mengetahuinya dengan melihat aktivitas bayi Anda yang mulai menggigit sesuatu yang bayi Anda pegang. Ini adalah salah satu perubahan signifikan perkembangan bayi 7 bulan

Untuk menenangkan gusi dari ketidaknyamanan, Anda perlu memberikan semacam mainan karet. Tetapi meinan yang steril dan direkomendasikan untuk bayi yang tumbuh gigi sebagai alat untuk digigit. Jika gigi sudah tumbuh banyak bisa Anda memulai menyikatnya dengan sikat bayi demi kesehatan bayi Anda.

Seringkali Anda melihat atau memperhatikan gigi yang muncul pada bayi Anda. Biasanya muncul pertama gigi bawah tengah, diikuti dua gigi tengah atas. Nemun banyak dari bayi pada umumnya belum tumbuh gigi saat memasuki usia 7 bulan. Tetapi ada pula yang sudah tumbuh dibawah usia 7 bulan.

  1. Makanan bayi

Makanan bayi yang cocok untuk usia 7 bulan bisa dikombinasikan dengan makanan padat. Perkenalkan bayi Anda pada makanan padat seperti buah dan sayuran jadi tidak hanya bubur saja makanannya. Meneruskan penambahan makanan baru sedikit demi sedikit akan membuat bayi Anda mudah untuk adaptasi dengan makanan baru.

Mulai dari tekstur lembut terlebih dahulu karena bayi usia 7 tahun masih belajar makan dengan makanan padat. Selain itu, bayi Anda juga akan belajar mengunyah dengan memanfaatkan giginya yang baru tumbuh. Ketika Anda memperkenalkan makanan baru, tunggu beberpa hari apakah ada kendala atau masalah pada bayi Anda.

Jiika respon makanan baru yang Anda berikan baik untuk bayi Anda, maka lanjutkan saja. Namun jika ada kendala atau masalah seperti alergi, diare, muntah bahkan sesak, hentikan terlebih dahulu. Anda bisa konsultasikan masalah ini ke bidan atau dokter anak untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat untuk Anda.

Apakah bayi Anda menunjukkan perkembangan seperti yang disebutkan di atas? Setiap bayi memperlihatkan perkembangan yang berbeda-beda. Agar lebih jelas, Anda bisa berkonsultasi pada dokter anak terkait dengan perkembangan bayi Anda saat ini. Apakah dalam kondisi yang normal atau tidak. Sekian ulasan tentang perkembangan bayi 7 bulan, semoga bermanfaat.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *