Tips Mendaki Gunung yang Wajib Dipersiapkan dengan Baik

Buyelocon – Kaum pria cenderung menyukai aktivitas outdoor yang menantang adrenalin. Jangan mengaku gentleman sejati kalau kamu tidak tahu hobi paling disukai di Indonesia. Yap, naik gunung telah menjadi tren dikalangan pecinta traveling. Berita gaya hidup mencatat bahwa hobi anak milenial jaman sekarang adalah mendaki gunung. Selain faktor film 5 cm yang booming beberapa waktu lalu, kondisi alam Indonesia yang terdiri dari deretan gunung memang wajib digali lebih lanjut.

Kamu yang belum memiliki pengalaman naik gunung, wajib memperhatikan persiapan mendaki gunung berikut ini :

1. Menentukan level lokasi dan tingkat kesulitan

Para pemula disarankan memilih level lokasi yang mudah diakses dan tidak terlalu sulit. Coba cari referensi gunung yang bisa diakses dengan mudah tanpa harus membawa tenda atau perlengkapan naik gunung secara lengkap. Kamu bisa mencoba hiking santai pada hari libur.

Langkah pertama ini sangat efektif memberikan pengalaman pertama merasakan naik gunung. Secara bertahap, kamu bisa mencoba sensasi naik gunung yang memiliki tingkat kesulitan lebih. Siapa tahu kalau kamu bakal jadi pendaki sejati setelah ekspedisi kecil ini.

2. Mengajak teman lain

Jangan mencoba hiking sendirian dengan alasan menyukai tempat yang tenang dan privat. Tentu ada banyak hal tak terduga saat kamu mendaki gunung sehingga wajib mengajak beberapa teman untuk melakukan perjalanan ini. Teman bisa membantu kamu saat mengalami kesulitan selama proses pendakian berlangsung.

3. Cek lokasi dan cuaca

Kemudahan mengakses informasi bisa memudahkan kamu untuk mempersiapkan pendakian secara maksimal. Berita gaya hidup kekinian ini mewajibkan kamu melakukan cek ulang soal lokasi dan cuaca yang tengah berlangsung. Sebaiknya hindari cuaca tidak bersahabat seperti hujan, badai atau berkabut. Utamakan keselamatan diri kamu sebelum memulai kegiatan hiking, ya!

4. Memberitahukan orang terdekat soal jadwal keberangkatan

Antisipasi tentu lebih baik dibandingkan dengan tidak adanya komunikasi pada orang terkasih kamu. Beritahu jadwal dan berapa waktu yang kamu butuhkan untuk melakukan pendakian pada keluarga atau teman dekat. Setidaknya apabila terjadi hal yang diluar rencana, mereka bisa melakukan langkah preventif seperti menghubungi pihak yang berwenang.

5. Mempersiapkan stamina fisik dan semua kebutuhan

Fisik harus bugar dan berstamina kalau kamu memang berniat naik gunung. Sebaiknya lakukan olahraga rutin atau mencoba jalan kaki setiap hari. Hal ini untuk melatih kebugaran kamu selama melakukan pendakian yang tidak mudah.

Selain itu, persiapkan betul semua kebutuhan yang dibutuhkan mulai identitas diri, kotak obat, makanan dan minuman, tas punggung yang tepat dan sebagainya. Jangan lupa untuk selalu membawa alat komunikasi dua arah seperti HT serta ponsel. Tak ketinggalan, kamu juga perlu membawa beberapa potong pakaian ganti. Bahkan kamu juga bisa tetap tampil Keren dan Swag Abis dengan Topi Snapback.

Kalau semua persiapan yang kamu butuhkan sudah lengkap, perjalanan naik gunung bisa segera dilaksanakan. Berita gaya hidup memberikan referensi gunung tereksotis yang bisa kamu daki seperti Gunung Semeru, Gunung Bromo, Gunung Rinjani, Gunung Kerinci dan lain-lain. Wah, kamu siap menjadi pendaki sejati nih?

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *