Obati Penyakit Ini Dengan Menggunakan Daun Kenikir!

Hasil gambar untuk daun kenikir

Setiap penyakit pasti ada obatnya, itulah pepatah yang sering dipakai dalam dunia medis dan kali ini berhubungan dengan penyakit mematikan, kanker. Kanker sendiri merupakan salah satu penyakit di mana sel berukuran tak wajar tumbuh di dalam tubuh hingga mengalahkan sel lainnya dan membengkak menyebabkan kematian. Namun, belakangan ini ditemukan obat untuk kanker, terutama kanker payudara.

Diteliti oleh dunia kedokteran, obat untuk mengobati kanker tersebut adalah tanaman yang mengandung zat artemisinin. Artemisinin sendiri turunan dari apsintus (artemisi annua), yaitu tanaman tropis dan subtropics yang memiliki 14 spesies di dunia ini. Sebuah lembaga penelitian bernama Life Science juga telah meneliti tanaman ini dan hingga kini telah digunakan di Pakistan sampai Cina untuk membantu membunuh 98% sel kanker.

Selain itu, dua orang ahli biologi bernama Henry Lai dan Narendra Singh dari Universitas Washington, Seattle, menjelaskan bahwa sel kanker akan mengalami APOPTOSIS alias hancur dengan sendirinya dengan ekstrak tanaman tersebut dalam waktu 16 jam. Banyaknya permintaan obat kanker membuat salah satu produsen asal Perancis bernama “Sanofi” berusaha memproduksi ektrak tersebut sebanyak 50 ton per tahun bahkan lebih sesuai permintaan pasar dunia.

Untuk orang Indonesia tidak perlu khawatir, karena di sini sudah ada banyak tanaman yang mengandung zat artemisin, yaitu pada tanaman daun kenikir. Perlu sobat ketahui bahwa mengonsumsi tanaman ini sebagai obat hanya ada efek sampingnya jika daun kenikirnya saja yang dikonsumsi. Selain bermanfaat untuk mengobati sel kanker, berikut ini beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan dari mengonsumsi daun kenikir.

  1. Obat penyakit malaria

Malaria membunuh setidaknya satu juta orang di seluruh dunia setiap tahunnya. Sejak zaman dulu, sebelum digunakan untuk obat kanker seperti sekarang, ternyata tanaman kenikir ini telah digunakan sebagai obat malaria oleh daratan Cina, Pakistan, dan kumpulan dataran Mekong seperti Vietnam, Thailand, Laos, dan sekitarnya. Berkat keberhasilannya tersebut tanaman kenikir dibuat obat anti malaria di negara maju.

  1. Obat maag dan lemah lambung

Tanaman kenikir memiliki kandungan tokoferol, polifenol, dan hidroksieugenol yang juga berguna untuk menetralkan asam lambung. Selain itu juga untuk menguatkan otot lambung yang bekerja untuk menerima asupan makanan tanpa membahayakan lambung seseorang.

  1. Obat lemah jantung

Tanaman kenikir mengandung antioksidan dan flavonoid yang berperan memperbaiki sel-sel yang rusak. Di area jantung flavonoid bermanfaat untuk melancarkan aliran darah yang memperkuat otot jantung dan pembuluh darah untuk mengalirkan darah.

  1. Obat kanker lainnya

Tanaman kenikir juga memiliki kandungan senyawa saponin, terpenoid, flavonoid dan antioksidan yang mampu melawan kanker seperti kanker payudara, kanker lambung, dan kanker hati.

  1. Mengatasi bau badan, bau mulut, dan bakteri pantogen lainnya

Kandungan koneferil alcohol dan vitamin A, E, C di tanaman kenikir yang berfungsi membunuh bakteri dan kuman yang ikut terbawa dalam makanan. Senyawa tersebut akan membersihkan area lidah dan air ludah dari bakteri penyebab bau mulut. Selain itu kandungan tersebut dapat membunuh bakteri pantogen dalam tubuh yang menyebabkan gangguan imunitas dan gangguan kuman penyebab bau tubuh.

  1. Penambah nafsu makan

Daun kenikir bisa juga digunakan sebagai penambah nafsu makan karena mengandung senyawa kuersetin yang dapat meningkatkan nafsu makan terutama pada anak-anak. Selain itu bisa menambah nafsu makan seseorang setelah melakukan operasi tertentu untuk mengembalikan stamina tubuh.

  1. Membunuh parasit

Pertama, tanaman kenikir sangat efektif dalam membunuh sekelompok parasit darah atau Schistomas. Ini adalah parasit paling umum kedua di dunia setelah malaria. Mereka adalah  kelompok Trematoda. Kemudian ditemukan bahwa semua trematoda dapat dibunuh oleh senyawa dalam tanaman kenikir ini. Contoh termatoda antara lain cacing kremi, cacing gelang dan banyak lagi.

  1. Artemisinin membunuh E. Coli dan patogen lainnya

Salah satu sifat dari kenikir adalah sesquiterpines, yang memainkan peran penting dalam kesehatan manusia. Kegunaannya untuk mengurangi pembengkakan dan pembentukan tumor. Beberapa anti-mikroba dan mengganggu dinding sel jamur dan bakteri invasif. E.coli kini telah ditemukan dalam kanker payudara dan jaringan kanker usus besar. Jadi, tindakan antimikroba di atas membuat kenikir menjadi pencegah kanker yang manjur.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa artemisinin membunuh mikroba dari E.Coli ke Salmonella. Kenikir juga telah terbukti memiliki efek melawan kanker akibat HPV. Setidaknya dua penelitian menunjukkan bahwa hal itu bisa mengeluarkan HPV dari tubuh, hal ini bisa memiliki implikasi yang signifikan untuk kanker di leher rahim dan tenggorokan.

Nah, mulai sekarang perbanyak tanaman kenikir di kebun atau di pot, karena siapa tau berguna nantinya. Ingatlah, mencegah lebih baik dari pada mengobati, kan?

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *