Kiat Mengatur Olahraga dan Makanan Ibu Hamil Ketika Berpuasa

makanan ibu hamil

Buyelocon – Bulan puasa bukan berarti Anda tidak dapat berolahraga serta menjaga pola makanan. Tidak terkecuali untuk ibu hamil. Makanan ibu hamil sangat berpengaruh bagi kesehatan si kecil nantinya. Ibu hamil membutuhkan nutrisi lengkap serta kondisi tubuh yang bugar. Agar tidak mengganggu kegiatan berpuasa berikut kiat mengatur olahraga dan makanan ibu hamil.

makanan ibu hamil

  1. Penuhi Kebutuhan Kalsium dan Protein

Banyak para kalangan praktisi yang menyarankan untuk keseimbangan nutrisi. Demi kesehatan yang berkualitas bagi Anda dan Anak Anda. Ketika seorang ibu hamil mereka membutuhkan 5 kali lipat kandungan Kalsium dan Protein dibandingkan pada keadaan biasa atau tidak hamil. Tentunya dibutuhkan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Makanan seperti daging dan produk susu sangat menjadi rekomendasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Anda dapat juga menggunakan suplemen tambahan. Pemenuhan Kalsium serta Protein sangat penting. Hal tersebut untuk menghindarkan Anda pada kram otot, sakit panggul, produksi ASI yang rendah.

  1. Cukup Akan Manfaaat Zat Besi

Zat Besi menjadi salah satu nutrisi yang tidak boleh diabaikan. Mempunyai peran penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh serta nutrisi kepada janin. Anda dapat melakukan tes darah untuk mengetahui kuantitas Zat Besi Anda. Sehingga Anda dapat mengetahui kadar kecukupan Zat Besi pada tubuh Anda.

Anda dapat menjaga kadar kebutuhan Zat Besi dengan mengkonsumsi sayuran seperti bayam. Atau Anda dapat juga banyak mengkonsumsi buah – buahan yang akan kaya Vitamin C seperti jeruk. Vitamin C membantu tubuh untuk penyerapan Zat Besi. Selain penting untuk kesehatan Anda, baik pula untuk kesehatan si kecil.

  1. Tingkatkan Asam Folat

Asam Folat sangat berperan penting saat pembuahan dan masa selama kehamilan. Mengurangi resiko melahirkan dengan keadaan bayi sakit. Sehingga sangat direkomendasikan oleh dokter untuk dikonsumsi ibu hamil. Asam Folat dapat diperoleh dari banyak sayur-sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan dan juga susu.

Jika usia kandungan semakin bertambah disarankan untuk menambah kadar kebutuhan Asam Folat. Selain membantu dalam masa kehamilan dan kelahiran. Asam Folat sejatinya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mengurangi resiko penyakit jantung, bibir sumbing, dan bagus untuk pertumbuhan saraf.

  1. Lengkapi Nutrisi dengan Vitamin

Vitamin penting untuk pertumbuhan dan perkembangan kesehatan tubuh. Agar pertumbuhan embrio berjalan dengan baik, maka kebutuhan vitamin sangat diperlukan. Vitamin dapat dipenuhi melalui makanan, khususnya buah-buahan. Seperti Vitamin B memiliki pengaruh terbesar bagi ibu hamil.

Vitamin B tidak hanya mampu mencegah kecacatan janin. Namun juga berfungsi memelihara sistem saraf dan mencegah mual. Oleh karena itu, vitamin B sangat penting bagi penderita morning sickness di awal kehamilan. Karena beberapa vitamin B seperti Vitamin B12 hanya ditemukan pada ikan, daging dan produk susu.

  1. Gerakkan Tubuh dengan Olahraga Ringan

Pergerakkan tubuh sangat mempengaruhi bagi kesehatan dan perkembangan tubuh. Puasa bukan berarti Anda tidak dapat melakukan olahraga. Anda dapat memaksimalkan olahraga ringan agar tubuh Anda tetap merasa bugar dan sehat. Anda dapat mengatur berapa lama waktu untuk melakukan olahraga.

Jalan santai, Yoga untuk ibu hamil, Senam Hamil dapat Anda lakukan. Selain meningkatkan kekuatan janin, hal tersebut dapat membantu Anda selama masa kehamilan dan persalinan. Dikarenakan proses persalianan membutuhkan tenaga yang cukup besar. Maka dari itu dibutuhkan tubuh yang sehat dan kuat.

Selama masa hamil dan puasa, Anda dapat berkonsultasi jenis makanan serta jenis olahraga apa yang cocok untuk Anda. Demikianlah kiat mengatur olahraga serta makanan ibu hamil ketika bulan puasa. Selamat berpuasa bagi Anda yang menjalankan!

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *