Kenali 6 Jenis dan Bahaya Narkoba!

Narkoba atau narkotika dan obat-obatan berbahaya adalah berbagai jenis obat keras yang secara sah dan legal dilarang peredaran, penjualan dan penggunaannya. Namun, ironisnya hingga saat ini masih mudah didapatkan. Padahal dengan jelas obat keras tersebut adalah ilegal.

Meskipun regulasi sudah dibuat sedemikian ketat namun nyatanya regulasi pun masih dapat “kecolongan” khususnya di Indonesia. Regulasi yang “kecolongan” itu menjadi pintu masuk mudahnya obat ilegal tersebut didapatkan.

Narkoba seperti candu. Sekali mencoba maka akan terus menerus mencoba. Efek candu obat ilegal tersebut membuat si pemakai sulit melepaskan penggunaanya. Bagi kebanyakan pengguna, efek obat ilegal tersebut memberikan pengaruh yang sangat “enak” terhadap tubuh, mental dan kemampuan fisik. Maka nggak jarang seseorang yang mengkonsumsi narkoba dapat berakvitas 24 jam penuh, bahkan lebih. Karena salah satu efek-nya adalah untuk meningkatkan stamina tubuh supaya tetap prima saat beraktivitas.

Narkoba disebut-sebut sebagai obat penenang sekaligus pembunuh bagi yang mengkonsumsi. Apalagi jika sudah dalam taraf ketergantungan. Kamu tentu sudah tahu apabila si pengguna sudah dalam taraf ketergantungan, sewaktu-waktu jika tidak konsumsi narkoba maka si pengguna akan mengalami sakau. Sehingga untuk menghilangkan sakau si pengguna harus mengonsumsi  kembali obat-obatan terlarang ini. Bagi penggunaa adiktif, narkoba adalah kebutuhan.

Ngebahas mengenai narkotika dan obat-obat terlarang, tentu kamu sudah tahu dong mengenai jenis narkoba dan bahaya-nya. Dan untuk menambah informasi kamu mengenai hal tersebut maka berikut pemaparannya. Yuk, cek.

  1. Ganja

Salah satu jenis yang menjadi favorit adalah ganja. Nggak hanya digunakan oleh manusia, namun ganja biasa digunakan untuk menambah rasa makanan lho! Efek bahaya jenis ini adalah si pengguna menjadi agresif dan denyut nadi lebih cepat. Selain itu si pengguna akan mengalami sulit mengingat kejadian, sensitif, gelisah, dan mengalami gangguan tidur.

  1. Heroin atau putau

Jenis lainnya adalah heroin atau putau. Efek bahaya menggunakan jenis ini adalah si pengguna mengalami kerusakan otak permanen. Dirangkum dari berbagai sumber bahwa, beberapa penelitian mengatakan heroin memberikan efek kerusakan struktur fisik dan fisiologis otak.

  1. Kokain

Jenis lain adalah kokain. Jenis ini termasuk jenis yang digunakan oleh kalangan atas. Efek bahaya bagi si pengguna adalah vasokonstriktif atau penyempitan bulu darah yang mengurangi darah mengalir ke suatu bagian tubuh.

  1. LSD (Lysergyc Acid Dhietylamide)

Jenis lain adalah LSD. Efek bahaya bagi si pengguna jenis ini adalah si pengguna berhalusinasi seperti mendengar suara atau melihat sesuatu sosok, merasakan tembok bernafas, gambar bergerak, benda berubah-ubah atau morphing dan sebagainya. Jenis obat terlarang ini sangat berbahaya bagi orang yang sedang depresi.

  1. Sabu

Jenis lain yang juga menjadi favorit adalah sabu. Efek bahaya bagi si pengguna jenis ini adalah mengakibatkan insomnia, hilang nafsu makan, sikap tergesa-gesa, denyut jantung lebih cepat dari orang normal, serta tekanan darah tinggi.

  1. Ekstasi atau inex

Narkoba jenis lain adalah ekstasi atau inex. Efek Bahaya bagi pengguna adalah efek jangka panjang, ekstasi menimbulkan halusinasi yang berlebihan sehingga si pemakai nggak bisa membedakan antara dunia nyata dan fantasi.

Kamu semua sudah tahu dan sadari bahwa ada banyak efek bahaya yang ditimbulkan serta dialami oleh pengguna akibat mengonsumsi obat-obat illegal tersebut. Awalnya memang terasa sangat nikmat dan enak. Namun semakin lama, apalagi jika sudah ketergantungan maka efek bahaya pun akan menggerogoti perlahan demi perlahan.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *