Dr. Wong Chung Chek, Dokter Ahli Atasi Masalah Tulang Belakang

Buyelocon – Tulang belakang tentunya memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan rangka manusia. Namun, seiring berjalannya waktu, tulang belakang juga dapat mengalami stres yang menyebabkan rasa nyeri pada punggung. Berikut merupakan beberapa penyakit tulang belakang yang dapat diatasi oleh dr. Wong Chung Chek.

1. Spina Bifida

Spina bifida merupakan kelainan pada bagian tulang belakang yang termasuk ke dalam penyakit bawaan. Penyakit yang satu ini memiliki ciri-ciri membran sekitar sumsum tulang tidak dapat tertutup dengan sempurna. Kelainan spina bifida terbagi menjadi tiga yaitu spina bifida oktula, meningkonel dan mielomeningkonel.

2. Sindrom Klippel-Feil

Sindrom klippel-feil adalah penyakit langka turunan dimanavertebrae  pada bagian tulang leher saling bergabung. Hal ini menyebabkan leher menjadi kaku dan sulit untuk digerakkan. Penderita sindrom kippel-feil berisiko memiliki kelainan pada bagian tubuh yang lain seperti jantung, otak, hingga alat reproduksi manusia.

3. Herniasi Diskus Degeneratif

Penyakit tulang belakang yang dapat diatasi oleh dr. Wong Chung Chek selanjutnya adalah herniasi diskus degeneratif. Penyakit ini merupakan kelainan yang disebabkan akibat diskus invertebalitas yang kehilangan keelastisannya. Penyakit yang satu ini biasa terjadi secara normal akibat faktor usia.

4. Stenosis

Stenosis merupakan penyakit tulang belakang yang terjadi akibat penyempitan vertebrae yang menyebabkan tekanan pada bagian sumsum dan syaraf tulang belakang. Stenosis juga sering dikenal dengan trauma spinal sehingga membutuhkan perawatan khusus dari dokter spesialis tulang belakang.

5. Ankylosing Spondylitis (AS)

AS merupakan penyakit sejenis artristis yang terjadi akibat peradangan pada sendi bagian tulang belakang. Penyebab utama penyakit AS belum dapat diketahui hingga saat ini. Namun beberapa pendapat menyatakan bahwa penyakit yang AS juga dapat terjadi akibat faktor keturunan maupun lingkungan.

6. Kifosis

Kifosis juga sering dikenal sebagai kelainan tulang belakang dimana bagian atas tulang terlalu membungkuk ke depan yang disebabkan karena posisi duduk yang salah. Namun ternyata penyebab kifosis bukan sekedar salah posisi duduk namun juga diakibatkan pembelokan punggung tulang belakang yang berlebihan.

7. Skoliosis

Skoliosis merupakan kelainan abnormal yang terjadi pada bagian tulang belakang. Pada kelainan ini, tulang belakang cenderung berbelok ke arah samping. Ciri-ciri penyakit yang satu ini adalah tinggi bahu kiri dan kanan yang tidak sama. Pada umumnya penderita skoliosis cenderung memiliki kesulitan ketika berjalan.

8. Lordosis

Lordosis merupakan kelainan abnormal yang terjadi pada bagian servikal dan lumbar tulang belakang. Penyebab penyakit lordorsis hampir sama dengan kifosis. Pada umumnya, kelainan yang satu ini disebabkan oleh kebiasaan buruk. Penderita penyakit ini cenderung membutuhkan alat bantu yang membebani bagian lumbar.

Itulah beberapa kelainan yang sering terjadi pada bagian tulang belakang. Apakah Anda juga termasuk orang yang mengidap kelainan tulang belakang? Jika iya, segaralah hubungi dokter.my untuk mendapatkan perawatan dari dokter spesialis tulang belakang agar mendapatkan perawatan yang sesuai.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *