Cek 8 Pertanda Anda Tidak Bisa Melahirkan Normal

Buyelocon – Sepasang suami istri yang sedang menunggu bayinya lahir merupakan peristiwa tidak terlupakan. 9 bulan istri mengandung akan tiba waktunya untuk melahirkan. Semua calon ibu ingin melahirkan dengan cara normal. Kenyataannya banyak juga calon ibu yang harus melahirkan tidak dengan cara normal. Inilah tanda bahwa Anda tidak bisa melahirkan normal.

1. Menderita Hipertensi

Tekanan darah tinggi salah satu kendala seorang ibu tidak bisa melahirkan dengan normal. Beberapa dokter berkata bahawa penderita hipertensi bisa melahirkan dengan normal dengan syarat tekanan darahnya terkontrol. Penderita hipertensi yang parah akan mudah naik tekanan darahnya oleh hal kecil. Cara alternative calon ibu harus melahirkan dengan sesar.

2. Persalinan Macet

Stamina ibu hamil menjadi kunci keberhasilan melahirkan dengan normal. Ibu hamil memerlukan banyak energi untuk mendorong bayi keluar dari perut. Jika seorang ibu tidak mampu mengatur energi dan nafasnya, bayi tidak dapat keluar. Kondisi ini disarankan ibu hamil tetap tenang agar keadaan persalinan macet tidak terjadi.

3. Letak Janin Tidak Normal

Waktu menjelang proses kelahiran, bayi normal akan memiliki posisi kepala di bawah dan kaki di atas. Bayi akan keluar bagian kepala dahulu dengan posisi lurus. Kasus yang mungkin terjadi letak janin tidak lurus, ada yang badannya miring, terlilit tali pusar, posisi wajah miring dan lainnya. Dokter akan melihat dari hasil USG dan menentukan persalinan akan normal atau sesar

4. Ibu Hamil Pengidap Diabetes

Diabetes juga bisa menjadi kendala saat proses melahirkan. Seorang ibu hamil yang memiliki riwayat diabetes akan memiliki janin dengan ukuran besar. Ukuran besar bisa mencapai 4-5 kg. Keadaan ini tidak memungkinkan bayi lahir dengan cara normal. Dokter harus segera melakukan tahap sesar apabila keadaan seperti ini terjadi pada Anda.

5. Riwayat Operasi Sesar

Dokter akan melakukan observasi pada ibu hamil baik riwayat kesehatan maupun kelahiran. Ibu hamil yang pernah melakukan operasi sesar pertimbangan selanjutnya yaitu sesar kembali. Jarak kelahiran yang sangat dekat tentu mendukung operasi sesar pada kehamilan kedua. Dokter selalu memantau sampai waktu sebelum kelahiran akan dilakukan normal atau sesar.

6. Janin Kembar Dua

Bayi kembar sangat lucu. Risiko yang ditanggung sang ibu tidak mudah. Kemungkinan besar persalinan sesar akan dilakukan saat kondisi seperti ini. Jika dipaksakan melahirkan normal, ibu harus kuat stamina mengeluarkan 2 bayi sekaligus. Kegagalan ini bisa menyebabkan robeknya jalan lahir cukup parah dan bisa terjadi pendarahan hebat saat persalinan

7. Kelainan Letak Plasenta

Plasenta merupakan selubung membran yang ada pada bayi yang lahir. Kelainan letak plasenta biasanya bisa menutup semua atau sebagian jalur lahir. Ibu hamil yang memaksa melahirkan secara normal akan merasakan pendarahan hebat. Dokter yang telah melakukan observasi biasanya dengan kondisi ini akan langsung mengambil tindakan operasi sesar.

8. Kegagalan Induksi

Umumnya umur kandungan bisa mencapai 38 sampai 40 minggu. Kasus yang umum umur kandungan lebih dari 40 minggu dan belum ada tanda kelahiran. Tindakan yang bisa dilakukan dokter biasanya menyuntikan induksi untuk merangsang kontraksi. Jika setelah induksi tidak ada tanda, maka dokter melakukan tindakan sesar untuk menyelamatkan ibu dan janinnya.

Melahirkan normal merupakan idaman seluruh wanita hamil. Seorang ibu hamil tentu membutuhkan persiapan untuk menghadapi persalinan. Menjaga kondisi kesehatan, olahraga untuk mempermudah persalinan dan lain-lain sebagai salah satu aktivitas agar melahirkan lancar. Jangan lupa mengkonsumsi makanan bergizi dan pola hidup sehat.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *