7 Cara Agar Kamu Tetap Fokus Pada Target kamu!

Tahun baru biasanya identik memulai semua hal yang baru. Biasanya seseorang memulai dengan membuat  “new goals”, “target”, atau berbagai istilah resolusi lainnya. Hal ini merupakan suatu awal yang baik, sebab dengan membuat target, kita bisa memiliki tujuan terarah dalam mencapai yang kita inginkan di tahun ini. Tapi jangan sampai apa yang sudah kita targetkan hanya sebatas tulisan di atas kertas saja. Berikut cara untuk membuatmu anti gagal fokus pada target yang sudah kamu bikin di tahun ini.

  1. Mulai dengan target harian

Memulai bukanlah suatu hal yang mudah. Namun bukan pula sesuatu yang tidak mungkin. Salah satu “contoh goals” yang kita inginkan adalah tahun ini bisa bahasa inggris. Mulailah untuk membuat jadwal harian. Setiap senin dan selasa adalah hari untuk membaca buku bahasa inggris.

Rabu kamis merupakan hari untuk mendengarkan musik berbahasa inggris. Jumat sabtu adalah hari untuk menonton film berbahasa inggris. Minggu adalah hari untuk mencoba speaking. Dengan membuat target harian seperti ini, kita tidak terbebani dalam menjalankannya dan kalau ini berhasil kita jalani dengan tekun, di akhir tahun kita bisa memetik hasilnya yakni pencapaian yang kita inginkan.

  1. Mulai dengan perasaan yang fun

Membuat target yang besar untuk kita capai bukanlah suatu hal yang tidak mungkin. Namun perlu diingat, kita menuliskan target tersebut agar kita bisa termotivasi untuk mencapainya. Jangan membuat target yang sebenarnya dari awal pun tidak benar-benar kita usahakan. Misal, tahun ini “aku ingin bisa liburan ke luar  negeri”. Target harian yang bisa kita kerjakan adalah dengan menabung, browsing destinasi di internet, dan lain-lain untuk mendukung target kita tersebut. Jadi meskipun bagi sebagian orang menabung adalah salah satu yang berat untuk dilakukan, namun dengan melihat target di awal tahun tadi kita jadi memiliki semangat dalam mencapai tujuan kita di akhir tahun.

  1. Jangan menunda

Bagaimanapun jangan pernah menunda pekerjaan. Terdengar klise memang, tapi menunda pekerjaan akan membuat target kita terlihat semakin berat dan jauh. Istilah jawa “alon-alon asal kelakon” (yang artinya sedikit demi sedikit yang penting jalan) lebih baik daripada tidak  mengerjakannya sama sekali. Semakin banyak Menunda juga bisa merusak kebiasaan baik yang sudah kita bangun sebelumnya. Target tidak tercapai, kebiasaan baik  yang sudah kita bangun-pun menjadi hilang. So jangan pernah menunda lagi.

  1. Dukungan orang lain

Sebagian menganggap orang tersayang bisa menjadi obat yang ampuh untuk kita terus fokus dengan target yang sudah kita buat. Oleh karena itu kita bisa men-share kepada orang terdekat target apa yang sedang kita usahakan. Sehingga ketika kita mulai loyo, maka orang tersayang bisa mengingatkan dan menyemangati kita untuk tidak mudah menyerah.

  1. Give reward for yourself

Terkadang kita terlalu fokus dalam mengejar target-target yang sudah kita tentukan. Hal ini tak jarang membuat diri kita menjadi stres. Mengambil jeda pada suatu waktu bisa menjadi refresh untuk menjalankan kembali target kita. Misalnya kita bisa berkumpul dan berbincang dengan teman terdekat, take a short vacation sama orang tersayang, or just me time di kafe favorit kamu. Hal-hal seperti ini akan membuatmu lebih rileks dan merefresh kembali dalam menjalankan setiap target yang akan kamu capai.

  1. Ingat kembali niat awal

Dipertengahan tahun tak jarang kita lupa bahkan sudah kehilangan hasrat untuk melanjutkan melakukan rutinitas yang melelahkan tersebut. Hal ini wajar terjadi. Bagaimana untuk menghadapinya? Berikut quotes yang bisa kamu ingat ketika sudah lelah dengan rutinitas yang ada: “Selesaikan apa yang telah kamu mulai”. Membaca quotes atau kisah inspirasional yang bisa membangkitkan semangat menjadi salah satu energi tambahan untuk bisa back on the track.

  1. Mulai untuk diri sendiri

Mulailah sesuatu untuk dirimu sendiri. Bukan bermaksud untuk egois, tapi memulai dari diri sendiri menghindarkan diri kita untuk bergantung atau menjadikan orang lain sebagai alasan untuk tidak mengejar target itu sendiri. Misalnya kamu menginginkan sesuatu untuk pacar kamu, tapi suatu waktu kamu putus dengan pacar kamu, sehingga target yang kamu niatkan menjadi urung untuk kamu laksanakan. Hal ini tentunya akan merugikan diri kamu sendiri. Target yang kamu buat adalah untuk kebahagiaanmu (bahkan kesuksesanmu) maka kamu harus memperjuangkannya, kalau bukan dirimu sendiri, siapa lagi? Bahkan ketika kamu bisa mencapainya, kamu akan bahagia, bonusnya lagi orang-orang tersayang pasti juga akan bahagia ketika melihat kamu bahagia.

Di era yang serba instant ini, sebenarnya banyak cara agar bisa memulai sesuatu. Namun untuk membuatnya menjadi kontinu, semuanya kembali lagi ke niat dan diri kita sendiri. Itulah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa mencapai resolusi di tahun baru ini. Percayalah usaha tidak akan mengkhianati hasil!

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *