5 Kriteria Hewan Qurban yang Harus Anda Ketahui

Buyelocon – Idul Adha akan segera tiba. Hari yang istimewa ini menjadi momen penting bagi umat muslim. Idul Adha menjadi saat dimana umat muslim menunjukkan ketaatan mereka terhadap perintah Allah untuk berqurban. Seperti apa yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim ketika diperintah untuk menyembelih Ismail.

Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail menjadi petunjuk bagi umat Islam untuk melaksanakan qurban ketika hari raya Idul Adha. Berqurban dilakukan dengan menyembelih hewan yang memang dijadikan sebagai hewan qurban seperti sapi, kambing, dan unta. Namun pemilihan hewan qurban ini tidak boleh dilakukan sembarangan.

Ada kriteria khusus yang harus dipenuhi oleh hewan yang akan dijadikan qurban. Kali ini kita akan membahas kriteria seperti apakah yang harus dipenuhi agar hewan yang diqurbankan sah dan membawa keberkahan bagi umat Islam baik yang memberikan maupun menerima qurban.

Syarat Hewan Qurban

Berikut adalah beberapa persyaratan hewan qurban yang harus dipenuhi :

  1. Binatang Ternak

Hewan yang bisa dijadikan sebagai qurban merupakan binatang ternak atau bahimatul an’am. Jenis hewan yang termasuk ke dalam binatang ternak di antaranya adalah sapi, kambing, unta, serta domba. Umat Islam bisa memilih jenis hewan yang akan diqurbankan sesuai dengan kemampuannya.

  1. Cara Kepemilikan yang Halal

Hewan yang diqurbankan haruslah didapatkan dengan cara yang halal. Proses kepemilikan hewan qurban harus dilakukan melalui akad yang halal dengan uang yang halal pula. Hewan qurban tidak boleh dibeli dengan uang yang haram maupun uang yang mengandung riba.

  1. Hewan yang Sehat

Hewan yang akan diqurbankan harus dalam kondisi yang sehat dan tidak cacat. Kondisi cacat pada hewan ternak contohnya adalah cacat pada mata atau buta, cacat pada bagian kaki atau pincang, dan tubuhnya sangat kurus hingga di tubuhnya tidak ada sumsun tulang.

  1. Syarat Usia

Hewan ternak harus memenuhi persyaratan usia yang sudah ditentukan menurut syariat Islam. Setiap jenis hewan memiliki syarat usia minimal masing-masing. Untuk hewan unta, minimal genap usia 5 tahun, sapi genap usia 2 tahun, kambing genap usia 1 tahun, dan domba genap usia 6 bulan.

  1. Benar-Benar Milik Orang yang Berqurban

Hewan yang akan diqurbankan oleh seseorang harus benar-benar dimiliki oleh orang yang akan berqurban. Dengan kata lain, hewan yang akan diqurbankan diizinkan atas nama pemiliknya berdasarkan syariat.

  1. Status Kepemilikan Murni

Hewan yang akan diqurbankan tidak boleh memiliki hubungan dengan hak orang lain. Tidak boleh menjadikan hewan gadai sebagai hewan qurban dan begitu juga dengan hewan warisan yang belum dibagi. Jadi, staus kepemilikannya harus murni dan jelas.

Itulah tadi beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh hewan yang akan diqurbankan. Sebelum berqurban tentu anda harus mengetahui persyaratan tersebut agar anda bisa melakukan qurban sesuai syariat dan membawa keberkahan.

Setelah hewan qurban memenuhi semua persyaratan dan sudah siap untuk disembelih maka penyembelihan pun harus dilakukan di waktu yang tepat. Sudah diatur sesuai syariat, penyembelihan hewan qurban dilakukan selama empat hari yakni setelah selesai sholat Idul Adha hingga tiga hari setelah Idul Adha yang disebut dengan ayyam tasyrid.

Melaksanakan qurban merupakan sebuah bentuk ketaatan umat Islam kepada perintah Allah. Namun, perlu diketahui bahwa qurban dilakukan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Setiap orang memiliki kemampuan yang tidak sama dan diperbolehkan untuk menentukan pilihan berqurban sesuai dengan kondisi masing-masing.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *