4 Camilan Khas Lebaran yang Cocok Menjadi Makanan Pendamping ASI

makanan pendamping asi

Buyelocon – Makanan pendamping ASI tidak lagi seragam seperti pada zaman dahulu. Sekarang ini, bisa dibilang banyak sekali makanan yang cocok dijadikan makanan satu ini. Tidak terkecuali camilah khas lebaran yang ternyata juga bisa dijadikan pilihan orang tua untuk buah hatinya. Bagi Anda yang bingung apa saja yang dimaksud, berikut ada 4 camilan yang cocok.

makanan pendamping asi

1. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan tentu adalah jenis camilan yang tidak sulit untuk bisa ditemukan di hari lebaran. Bisa dibilang, di setiap rumah menyediakan camilan yang satu ini. Satu hal yang mungkin belum banyak orang tahu adalah kacang-kacangan ternyata cocok dijadikan makanan pendamping bagi anak Anda yang terhitung masih balita.

Kandungan seperti vitamin dan thiamin sangat baik untuk sumber energi tubuh si kecil. Jadi bagi Anda yang seringkali melihat si kecil terlihat lemah dan lunglai bisa jadi dia kekurangan vitamin. Pemberian camilan kacang-kacangan bisa dijadikan salah satu solusi atas masalah tersebut.

2. Olahan Telur

Cara membuat bayi gemuk dan padat seringkali disamakan dengan memberikan makanan dalam jumlah besar atau yang memiliki protein tinggi. Hal tersebutlah yang kemudian membuat banyak orang tua yang enggan untuk memberikan telur pada buah hatinya. Padahal telur ini memiliki banyak sekali kandungan baik seperti kolin yang baik untuk kecerdasan anak.

Sedangkan camilan lebaran yang terbuat dari olahan telur tentunya tidak terhitung banyaknya. Mulai dari kacang telur, telur gabus hingga berbagai camilan lainnya. Anda hanya tinggal menyesuaikan dengan umur si kecil untuk menentukan jenis camilan telur mana yang paling cocok dengan si buah hati.

3. Agar-Agar

Banyak orang yang menyamakan camilan dengan sesuatu yang kering atau garing. Padahal camilan tidak selamanya begitu. Masih banyak camilan jenis lainnya yang lebih lunak, salah satunya adalah agar-agar. Meskipun tidak terlalu popular tapi Anda masih bisa menemukannya di acara-acara lebaran.

Nyatanya agar-agar ini cocok untuk dijadikan makanan pendamping buah hati Anda. Hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari berbagai kandungan manfaat yang dimilikinya. Mulai dari serat yang baik untuk lancarnya pencernaan si kecil. Selain itu, kandungan serat tersebut juga akan memberikan efek kenyang yang lebih lama.

Ditambah agar-agar ini seringkali dibentuk dengan berbagai rupa dan bentuk yang pastinya semakin meningkatkan minat anak-anak. Tidak heran apabila kemudian banyak anak-anak yang memfavoritkan camilan satu ini. Sesuatu yang pastinya tidak akan membuat Anda khawatir ketika memberikannya pada si kecil karena manfaat dan kesehatan yang lebih terjamin.

4. Buah Pisang

Jenis camilan terakhir yang cocok dijadikan makanan pendamping bagi si kecil adalah buah pisang. Bisa dibilang, buah yang satu ini tidak sulit untuk bisa ditemukan saat hari lebaran tiba. Terutama gunanya sebagai pencuci mulut ketika sudah makan besar dan makan berat. Jadi Anda tidak perlu bingung untuk mencarinya.

Rasanya yang manis pasti akan membuat si kecil menyukainya. Apalagi dengan kandungan kalium yang tinggi akan bisa memberikan energi pada si kecil. Untuk mengonsumsinya sendiri, Anda bisa langsung memberikannya atau lebih memilih untuk merebusnya terlebih dulu. Hal tersebut dilakukan agar buah pisang benar-benar lunak untuk dimakan si kecil.

Jadi ketika sedang lebaran tiba maka Anda tidak perlu bingung untuk mencari makanan pendamping ASI bagi si kecil. Berbagai camilan yang tersedia di lebaran, sebagian diantaranya juga bisa Anda pilih untuk kemudian diberikan buah hati yang masih berusia balita.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *