4 Alasan yang Jadi Penyebab Lamanya Gigi Tumbuh pada Anak

Buyelocon – Ketika melihat adanya voucher ramadhan, Anda pasti menjadi tidak sabar untuk berbelanja makanan bagi anak Anda. Namun kondisi gigi pada anak belum juga tumbuh kadang menjadi keluhan. Seharusnya di usia enam bulan giginya sudah mulai ada yang tumbuh satu persatu. Dimulai dengan gigi depan. Baik, ini dia penyebab lamanya gigi anak Anda tumbuh dan berkembang.

1. Faktor Keturunan Atau Genetik sebagai Pemicu Pertama

Alasan pertama yang menyebabkan lamanya gigi anak tumbuh adalah faktor keturunan yang mempengaruhi bentuk gigi dan masa pertumbuhan gigi pada anak Anda. Jika telah ada riwayat dari Anda memilki proses pertumbuhan yang lama, maka itu juga akan terjadi pada anak Anda. Penyebab ini bisa Anda konsultasikan dengan dokter gigi anak untuk mengatasinya secepatnya.

Pemicu genetik yang bisa terjadi misalnya bayi yang terkena penyakit down syndrome, penyakit trisomi dan jenis penyakit yang bisa menyerang bagian rahang dan mulut bayi. Penyakit genetik ini membuat anak Anda masih mendapatkan kesempatan untuk memiliki gigi namun mengalami cacat struktur.

2. Kekurangan Nutrisi

Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh anak Anda harus selalu dipantau agar tidak kekurangan. Nutrisi ini dimulai saat ibu melakukan pemberian ASI di usia baru lahir hingga dua tahun ke depan. Selama menyusui, Anda sebaiknya juga meminum susu atau makanan yang bergizi dengan berbelanja menggunakan voucher ramadhan yang masih tersisa.

Jika nutrisi yang diterima bayi buruk atau bahkan kekurangan hal ini bisa menghambat pertumbuhan gigi anak Anda. Kekurangan nutrisi yaitu kalsium, zat besi, seng, mangan, vitamin A, B, C, D dan fosfor adalah penyebab lambatnya pertumbuhan gigi.

3. Akibat dari Bayi yang Mengidap Penyakit Hipotiroidisme

Penyakit hipotiroidisme yang diderita oleh anak Anda akan sangat mempengaruhi pertumbuhan giginya. Hipotiroidisme yang terjadi menyebabkan kelenjer tiroid bayi tidak berfungsi dengan baik hingga membuat perkembangan menjadi lambat. Jika anak mengalami penyakit ini, ia akan memilki gejala seperti mudah lelah, rewel, sakit kepala dan juga sakit di bagian persendian.

4. Kelainan Penyerapan Vitamin D

Vitamin D merupakan nutrisi yang sangat penting untuk memicu pertumbuhan gigi tulang. Jika anak Anda kekurangan, maka gigi pasti akan tumbuh dengan lambat. Permasalahan vitamin D bisanya terjadi karena adanya kondisi penyerapan ASI yang tidak tepat. Bisanya kekurangan vitamin ini akan membuat anak mengalami sakit pada bagian tulang.

Kekurangan nutrisi selalu menjadi pemicu timbulnya berbagai macam penyakit yang sebenarnya didukung dengan kurangnya sistem imun seseorang. Ketika ada voucher ramadhan yang didapat dari perusahaan tempat Anda atau suami bekerja, pastikan Anda lebih memprioritaskan untuk membeli makanan agar memenuhi kebutuhan nutrisi Anda dan keluarga terutama anak.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *