3 Manfaat Lactobacillus pada Susu Anak 1 Tahun

susu anak 1 tahun

Buyelocon – Memilih susu untuk anak usia 1 tahun tentu tidak bisa dilakukan dengan asal. Banyak yang harus Anda perhatikan, salah satunya adalah kandungan yang terdapat dalam susu tersebut. Umumnya pada susu anak 1 tahun terdapat kandungan vitamin, zat besi, omega 3 dan 6, serta bakteri baik Lactobacillus.

susu anak 1 tahun

Apa Itu Lactobacillus?

Lactobacillus adalah salah satu jenis bakteri baik, yaitu bakteri yang memberikan manfaat untuk tubuh. Selain Lactobacillus, ada pula Eubacterium, Bifidobacterium serta bakteri lainnya. Namun Lactobacillus bersifat lebih mudah dikembangbiakkan dan tidak mudah mati dibanding bakteri baik lainnya.

Bakteri Lactobacillus memiliki banyak jenis. Beberapa di antaranya yaitu Lactobacillus casei, Lactobacillus bulgaricus serta Lactobacillus rhamnosus. Bakteri-bakteri baik ini ditambahkan ke dalam produk makanan ataupun minuman sebagai sumber prebiotik. Makanan yang biasanya mengandung Lactobacillus adalah yoghurt, susu dan lainnya.

Apabila buah hati Anda sudah mengonsumsi makanan dan minuman dengan gizi seimbang dan takaran yang mencukupi, Anda tidak perlu khawatir. Namun akan lebih baik lagi apabila anak Anda mengonsumsi produk-produk makanan ataupun minuman yang telah ditambahkan bakteri baik tersebut.

Manfaat Lactobacillus bagi Buah Hati Anda

Bakteri baik Lactobacillus memiliki beragam manfaat untuk buah hati Anda. Baik untuk mencegah penyakit, daya tahan tubuh, maupun sistem pencernaan si Kecil. Berikut manfaat dari bakteri Lactobacillus.

  1. Mencegah Diare

Menurut hasil penelitian Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), bakteri baik Lactobacillus dapat membunuh bakteri merugikan (patogen) yang menyebabkan diare. Bakteri ini menghasilkan asam laktat yang menyebabkan kondisi saluran pencernaan menjadi asam. Hal ini membuat pertumbuhan patogen menjadi terhambat.

Selain itu, bakteri Lactobacillus dapat menurunkan risiko infeksi pada saluran pencernaan si kecil. Bakteri ini meningkatkan jumlah sel T, yaitu sel darah putih yang berperan dalam sistem imunitas buah hati Anda. Sel T berfungsi untuk membedakan bakteri jahat yang menyebabkan penyakit, sekaligus bekerja mengaktifkan sel Natural Killer (NK).

  1. Baik untuk Kesehatan Hati dan Saluran Pencernaan

Pada jurnal penerapan mikrobiologi terbitan Department of Clinical Nutrition University of Kuopio, UK, menyebutkan bahwa Lactobacillus dapat menurunkan efek kerusakan sel-sel organ hati. Pada sistem pencernaan, hati berperan dalam memproduksi asam empedu untuk metabolisme lemak.

Apabila jumlah bakteri baik dalam sistem pencernaan mencukupi, bakteri baik ini akan mencegah bakteri jahat atau patogen melekat pada dinding usus. Ini akan membantu anak Anda terhindar dari penyakit tersebut. Konsumsi makanan yang mengandung bakteri baik ini secara tidak langsung membantu kesehatan saluran pencernaan buah hati Anda.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Daya tahan tubuh atau sistem imunitas buah hati Anda bergantung pada kesehatan pencernaannya pula. Daya tahan tubuhnya akan meningkat apabila bakteri baik atau Lactobacillus pada saluran pencernaannya dalam jumlah yang mencukupi.

Bakteri Lactobacillus ini akan memproduksi asam laktat dan asam asetat. Hal ini akan membuat saluran pencernaan memiliki kadar keasaman (pH) rendah. Bakteri jahat atau patogen akan sulit berkembang biak dalam keadaan lingkungan yang asam. Buah hati Anda pun akan terhindar dari penyakit pada saluran pencernaannya.

Demikian manfaat dari bakteri baik Lactobacillus untuk buah hati Anda. Pastikan asupan makanan anak Anda sudah mengandung gizi seimbang dengan porsi yang mencukupi. Berikan pula susu anak 1 tahun yang mengandung Lactobacillus agar buah hati Anda tetap sehat. Anda pun tidak perlu khawatir membiarkan si Kecil bereksplorasi.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *