10 Makanan Unik Tradisional Jepang, Mau Coba?

Bagi kamu yang suka nonton anime, pasti nggak bakalan asing lagi sama beberapa makanan khas dari Jepang, salah satunya adalah ramen. Namun, tahukah kamu kalau ramen bukanlah satu-satunya makanan tradisional yang enak dan terkenal di negara matahari terbit. Masih ada banyak sekali makanan khas Jepang yang jauh lebih lezat dan bisa bikin kamu ngiler. Mau tahu? Yuk langsung aja di cek 10 makanan tradisional Jepang dibawah ini yang wajib banget kamu coba!

  1. Sushi

Kepopuleran dari makanan Jepang yang satu ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Bagaimana tidak, hampir di setiap sudut kota di Indonesia pasti terdapat restoran Jepang yang menyajikan sushi sebagai menu andalan mereka. Sushi diketahui sudah ada sejak zaman dulu dan pertama kalinya di hasilkan dengan menyajikan daging ikan di dalam nasi hasil fermentasi. Sekarang, sushi dibuat dari campuran nasi asam dan ikan segar dan disajikan dalam berbagai bentuk dan cara.

  1. Sashimi

Sashimi merupakan makanan tradisional Jepang yang sudah ada jauh sebelum sushi ditemukan. Jika sushi adalah makanan campuran dari nasi dan daging ikan, maka sashimi adalah daging mentah tanpa campuran nasi sama sekali. Variasi daging yang digunakan dalam menyajikan sashimi bisa apa saja. Mulai dari daging sapi, ayam, kuda, ikan, dan beberapa daging hewan laut lainnya.

  1. Tempura

Makanan tradisional Jepang yang juga tak kalah lezatnya adalah Tempura. Tempura dibuat dengan sangat hati-hati menggunakan teknik potongan yang teliti dan penggorengan di suhu yang panas dan dingin secara bergantian.

  1. Yakitori

Jika di Indonesia kita menyebutnya sate, maka di Jepang namanya bukan lagi sate melainkan Yakitori. Yup, yakitori kurang lebih sama dengan makanan sate dari Indonesia. Bedanya mungkin hanya dari namanya semata. Tapi tahu nggak guys? Yakitori baru boleh dikonsumsi rakyat Jepang di tengah abad 17-an karena sebelumnya mengkonsumsi di Jepang adalah hal yang tabu, lho!

  1. Miso

Miso adalah sup pokok yang disajikan bersamaan dengan hampir setiap makanan tradisional Jepang lainnya. Pembuatan sup miso cukup sederhana karena tinggal mencampurkan daging, sayur, dan rempah-rempah di dalam kuah. Jadi, untuk menikmati sup yang satu ini kamu tidak perlu repot harus memesannya lagi. Toh, miso sering disajikan bersamaan dengan makanan khas Jepang lainnya.

  1. Tsukemono Pickles

Terlihat seperti makanan modern, faktanya Tsukemono telah dikonsumsi oleh masyarakat Jepang sejak zaman pra sejarah. Dibuat dari campuran berbagai macam bahan seperti buah dan sayuran, Tsukemono tidak hanya enak dipandang tetapi juga sangat sehat dikonsumsi.

  1. Udon

Nah ini dia makanan Jepang yang terlihat seperti ramen tapi sebenarnya bukan ramen, melainkan udon. Yup, layaknya ramen mi udon juga dibuat dari tepung terigu pilihan yang menghasilkan mi lembap dan lezat untuk disantap. Di Jepang, udon sangat populer karena rasanya yang enak dan harganya yang bersahabat.

  1. Soba

Meskipun terlihat mirip dengan udon, soba bukanlah jenis mi yang tebal dan lembap seperti udon. Sebaliknya, soba merupakan mi dengan sifat yang kaku dan tipis serta berukuran panjang.

  1. Sukiyaki

Sukiyaki terbuat dari campuran daging sapi, tahu, dan sayuran yang dimasak dengan saus kedelai manis. Hmm, dilihat dari penyajiannya saja, sukiyaki sudah tentu termasuk makanan yang lezat dan sehat.

  1. Kaiseki

Dilihat dari penampilannya, kaiseki tampak seperti menu makanan yang hanya disajikan di restoran mahal saja. Kaiseki merupakan satu-satunya makanan khas Jepang yang begitu berkelas karena dibuat dengan sangat teliti dan detail. Sebelumnya kaiseki lahir dari pesta perayaan teh tradisional di Jepang yang dimana saat itu sejumlah makanan ukuran porsi kecil disajikan bersamaan dengan teh hijau pahit. Seiring waktu kaiseki berevolusi menjadi sebuah paket makanan yang lengkap dan mewah.

Beberapa makanan di atas barangkali sudah berkali-kali kamu coba di Indonesia. Meski begitu, kamu tetap wajib cobain makanan tersebut di negara asalnya, karena seperti kata orang yang asli itu yang dari sumbernya (asalnya). Benar nggak, guys?

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *